Enok — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil melaksanakan Sosialisasi dan Patroli Karhutla di wilayah binaannya Pusaran 9, kelurahan Pusaran, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Jum’at (7/4/2023) pagi.

 

Jalur patroli ini meliputi perkebunan warga setempat dan hutan – hutan yang dianggap rawan terjadi Karhutla, Selama pelaksanaan patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga untuk memberikan himbauan dan arahan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

 

Serda Marhalim Pasaribu mengajak warga agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

 

“Sosialisasi dan Patroli Karhutla yang rutin kami laksanakan ini untuk memantau bila ada titik api agar lebih dini terdeteksi, guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya.

 

Terkahir dia memberikan himbauan pada masyarakat yang melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan di sengaja membakar lahan atau hutan, agar segera melaporkan kepada aparat di desa.

 

“Baik itu kepada kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan pihak perangkat kelurahan maupun desa agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti,” tutupnya.