Teluk Belengkong — Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaan. Babinsa Koramil 06/ Kateman, jajaran Kodim 0314/Inhil, kopda Ferry Sinaga melaksanakan patroli serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan membakar lahan yang dapat mengakibatkan terjadinya Karhutla.

 

Saat dikonfirmasi awak media. Kopda Ferry Sinaga mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla tersebut merupakan antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di daerah rawan terhadap kebakaran. Yang ada di desa Sumber Sari Jaya, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir.

 

“Kegiatan ini sering kita laksanakan sebagai Babinsa untuk memantau perkembangan wilayah binaan terhadap ancaman kebakaran di wilayah yang sering terjadi rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan,” ungkap kopda Ferry Sinaga kepada awak media, Jum’at (7/4/2023) pagi.

 

Selain melaksanakan Patroli, dikatakan kopda Ferry Sinaga juga melakukan sosialisasi kepada warga-warga pemilik kebun agar tidak melakukan kegiatan pembakaran. Sehingga tidak terjadi kebakaran lahan-lahan.

 

“Sering terjadi kebakaran, karena pemilik kebun, sengaja membakar lahan, namun tidak dijaga dan ditinggalkan pulang ke rumah, nah disitu lah seringkali merembet kemana-mana apinya,” sebutnya.

 

Menurut kopda Ferry Sinaga Kalau sudah terjadi kebakaran, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan udara, dan juga dapat merugikan diri sendiri, bisa menjadi tindak pidana, karena tidak mengindahkan aturan pemerintah.

 

“Ya sebagai antisipasi kita melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga warga paham dan mengerti, bahwa melakukan pembakaran lahan tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” pungkasnya.