Home Riau INHIL Antisipasi Karhutla Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Patroli Rutin di Wilayah Binaan 

Antisipasi Karhutla Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Patroli Rutin di Wilayah Binaan 

0
Antisipasi Karhutla Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Patroli Rutin di Wilayah Binaan 

Enok – Sersan dua (Serda) Oki Sandra Bintara Pembina Desa (Babinsa) komando Rayon Militer (Koramil) 02/TM melakukan Patroli menyasar perkebunan masyarakat yang di anggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa Sungai Rukam, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Ahad (20/11/2022) pagi.

Saat dikonfirmasi awak media Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Serda Oki Sandra mengatakan, bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar dapat mencegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan masyarakat.

“Iya saya hari ini melakukan patroli bersama dua orang warga sekitar di daerah rawan terjadinya kebakaran, dan memastikan tidak adanya kabakaran di daerah desa binaan, dan melaporkan ke komandan Koramil sebagai hasil laporan setiap hari,” ujarnya.

Selain patroli Babinsa juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian, agar tidak saat membuka lahan tidak dilakukan dengan cara membakar lahan-lahan pertanian, sehingga dapat menimbulkan dampak pencemaran udara.

‘Iya kalau ketemu masyarakat saat kita melaksanakan patroli, kita berikan Himbauan ataupun sosialisasi kepada mereka, biar mereka paham kalau membuka lahan dengan cara dibakar sangat tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

Kendati demikian Serda OKI Sandra, berharap kepada masyarakat dapat berkerjasama, sehingga dapat mencegah dini kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan terjadinya kebakaran.

Terakhir dikatakan Serda OKI Sandra dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut di desa Sungai Rukam kecamatan Enok, tidak ada ditemukan titik api dan asap.

“Alhamdulillah dari kita pantau tempat-tempat yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat di sini tidak ada kita temukan titik hotspot, dari hasilnya nihil,” tutup Serda Oki Sandra babinsa Koramil 02/TM.