Babinsa 06/Kateman Serda Rudi Hartono Bersama Masyarakat Patroli Cegah Karhutla di Desa Sakarotan

Teluk Belengkong — Bintara Pembina Desa Babinsa Koramil 06/Kateman Kodim 0314/Inhil Serda Rudi Hartono melaksanakan kegiatan patroli dalam rangka Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Kegiatan kali ini dilaksanakan oleh Babinsa Serda Rudi Hartono di area perkebunan kelapa sawit di desa Sakarotan, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir, Jum’at (30/6/2023) pagi.

 

Babinsa Serda Rudi Hartono mengatakan kegiatan ini dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan maka pihaknya rutin patroli dan sosialisasi kepada masyarakat. .

 

“Jika sudah terjadi kebakaran meluas maka akan sangat susah untuk di padamkan apalagi kalau kebakaran tersebut terjadi pada area gambut yang susah untuk di jangkau,” jelas Serda Rudi Hartono.

 

Babinsa juga mengimbau kepada masyarakat agar arif dan bijaksana dalam membuka lahan perkebunan atau pertanian secara humanis dan ramah lingkungan agar tidak merusak ekosistem sekitar.

 

Melihat situasi aman terkendali dan tidak ditemukannya titik api, pihaknya berlanjut langkah sambangi beberapa warga untuk sampaikan imbauan tidak membuka lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara membakar vegetasi yang tumbuh di atasnya.

 

“Situasi aman, tidak ditemukan titik api. Selanjutnya kita sampaikan imbauan kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar semak atau tumbuhan di atasnya agar tak menyebabkan kebakaran,” tutupnya.

Previous articleSertu Jonni Pasaribu Babinsa Koramil 06/KTM Jalin Komsos dengan Masyarakat di Pelabuhan Pasar Sungai Guntung 
Next articleBupati Karimun Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Kundur Barat