Home Riau INHIL Babinsa Desa Sungai Rukam Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 

Babinsa Desa Sungai Rukam Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 

0
Babinsa Desa Sungai Rukam Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 

Enok — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sungai Rukam Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Oki Sandra, melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di daerah rawan terjadinya kebakaran di desa Sungai Rukam, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Jum’at,(24/2/2023) pagi

 

 

Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Serda OKI Sandra saat dikonfirmasi awak media mengatakan, bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar dapat mencegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan masyarakat.

 

 

“Iya saya hari ini melakukan patroli di daerah rawan terjadinya kebakaran, dengan titik Koordinat -0.°30’11” S 103°4’20” E. Dan memastikan tidak adanya kabarkan di daerah desa binaan, dan melaporkan ke komandan Koramil sebagai hasil laporan setiap hari,” ujarnya.

 

 

Selain patroli Babinsa juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian, agar tidak saat membuka lahan tidak dilakukan dengan cara membakar lahan-lahan pertanian, sehingga dapat menimbulkan dampak pencemaran udara.

 

 

‘Iya kalau ketemu masyarakat saat kita melaksanakan patroli, kita berikan Himbauan ataupun sosialisasi kepada mereka, biar mereka paham kalau membuka lahan dengan cara dibakar sangat tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

 

 

Kendati demikian Serda OKI Sandra, berharap kepada masyarakat dapat berkerjasama, sehingga dapat mencegah dini kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan terjadinya kebakaran.

 

 

“Kalau tidak ada kerjaan sama yang baik, tentunya kita juga yang rugi, jadi harus saling mendukung satu sama lain, antara pemerintah Desa dan aparat TNI-POLRI, sehingga suasana kamtibmas di desa kita ini dapat berjalan dengan baik, tanpa ada gangguan yang terjadi misalnya kebakaran lahan-lahan pertanian,” jelasnya.

 

 

Terakhir dikatakannya dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut di desa Sungai Rukam kecamatan Enok, tidak ada ditemukan titik api dan asap.

 

 

“Dari kita pantau tempat-tempat yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat di sini tidak ada kita temukan titik hotspot, dari hasilnya nihil,” tutup Serda Oki Sandra.