Home Riau INHIL Babinsa Kopda M Adrian Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Bersama MPA di Wilayah Binaan 

Babinsa Kopda M Adrian Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Bersama MPA di Wilayah Binaan 

0
Babinsa Kopda M Adrian Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Bersama MPA di Wilayah Binaan 

Enok — Personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil kopda Muhammad Adrian bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan kegiatan patroli di wilayah desa Rantau Panjang, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jum’at (17/2/2023) pagi.

 

Dalam kegiatan patroli kali ini, kopda Muhammad Adrian, bersama Tim memberikan imbauan dan pesan kamtibmas pada warga masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing, sehingga situasi tetap aman dan kondusif.

 

“Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla,” kata kopda Muhammad Adrian.

 

Sedangkan tujuannya dilaksanakan patroli dan sosialisasi Karhutla dikatakan Babinsa. Adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah.

 

“Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan,” ujar kopda Muhammad Adrian.

 

Ia juga selalu memberikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli.

 

“Dengan rute patroli titik Kordinat -0°27’17,224″S 103°14’5,236″E+-300,00m51°NE, dan pada pelaksanaan kegiatan patroli kita di rute ini dalam keadaan aman dan terkendali,” jelasnya.

 

Terakhir dikatakannya dalam pelaksanaan patroli Karhutla di wilayah desa Rantau Panjang, kecamatan Enok, tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.

 

“Alhamdulillah tidak ada titik hotspot, semoga dengan kegiatan patroli dan sosialisasi Karlahut ini mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang sedang membuka lahan-lahan pertanian, agar tidak melakukan membakar dengan sengaja,” pungkasnya.