Home Riau INHIL Babinsa Kopda M Andrian Laksanakan Sosialisasi Penerimaan Komcad di Desa Rantau Panjang 

Babinsa Kopda M Andrian Laksanakan Sosialisasi Penerimaan Komcad di Desa Rantau Panjang 

0
Babinsa Kopda M Andrian Laksanakan Sosialisasi Penerimaan Komcad di Desa Rantau Panjang 

Enok — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim Inhil 0314/Inhil, kopda Muhammad Adrian melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang penerimaan Komponen Cadangan (KOMCAD) Angkatan Darat.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa kopda Muhammad Adrian mensosialisasikan penerimaan Komcad TNI AD tahun 2023. Bertempat di desa Rantau Panjang, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (25/2/2023) pagi.

 

Selain komsos, Babinsa Koramil jajarannya untuk mensosialisasikan program komponen cadangan (komcad) kepada masyarakat dengan pemasangan spanduk dan banner di wilayah dan juga secara langsung kepada masyarakat.

 

“Komponen Cadangan (Komcad) adalah sumber daya nasional yang disiapkan untuk memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI) yang mobilisasinya atas perintah Presiden dengan persetujuan DPR RI,” cetus Kopda M Andrian.

 

Komcad ini merupakan program terbuka bagi warga negara Indonesia berusia 18 sampai 35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi tentara cadangan.

 

“Bagi masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komcad secara online melalui laman Komcad, yakni komcad.kemhan.go.id atau informasinya melalui Kodim atau koramil terdekat,” katanya.

 

Ia juga mengungkapkan untuk menjadi calon komcad harus melalui seleksi dengan syarat harus sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki catatan kriminal, setelah dinyatakan lulus dalam seleksi, calon komcad wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan.

 

“Jadi selama mengikuti pelatihan, calon komcad berhak memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran,” tutupnya.