Babinsa Koramil 02/TM Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Desa Sungai Rukam 

Enok — Bintara pembina desa (Babinsa) Serda Oki Sandra Kodim 0314/Inhil wilayah Koramil 02/Tanah Merah dan warga peduli api (MPA) melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah desa Sungai Rukam, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir.

 

“Babinsa melibatkan pihak desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla karan sekarang musim kemarau,” kata Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim kepada awak media, Ahad (22/01/2023) pagi.

 

Disampaikan Agusturahim, selain melakukan patroli, Babinsa juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

 

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan di jajaran Kodim 0314/Inhil, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.

 

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan gambut untuk di Kecamatan Kalis.

 

“Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau,” jelasnya.

 

Dia mengatakan hingga saat ini belum terjadi Karhutla, namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi.

 

Previous articleMeningkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Babinsa Koramil 06/KTM Koptu Ferry Giat Komsos 
Next articleBina Keakraban, Babinsa Koramil 02/TM Sertu HM Sibarani Laksanakan Komsos dengan Warga Binaan