Tanah Merah — Salah satu bentuk kepedulian Babinsa terhadap warga desa binaan yang mengalami musibah kematian adalah ikut melaksanakan takziah ke rumah duka, karena dengan takziah diharapkan seorang Babinsa bisa lebih dekat dengan warganya dan bisa merasakan kesedihan warga binaan yang terkena musibah.

 

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Serda Agusmi Harianto yang melaksanakan takziah di rumah duka salah satu warga masyarakat binaannya, di desa Tanjung Baru, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, pada Senin (16/1/2023) pagi.

 

Dikatakan Serda Agusmi Harianto bahwa kegiatan takziah ini merupakan bentuk kepedulian Babinsa terhadap warga binaannya, selain memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan, juga sebagai sarana untuk berinteraksi dengan warga masyarakat sekitar.

 

Ini adalah wujud nyata tugas pokok Babinsa dalam melaksanakaan Komsos dengan warga binaan, sehingga terjalin silaturahmi yang baik antar Babinsa dengan warga dan tentunya yang diharapkan adalah informasi tentang perkembangan situasi di wilayah bisa didapat dari warga, sehingga temu cepat dan lapor cepat dapat terlaksana dengan baik.

 

“Saya bersama Kades dan warga lainnya akan turut serta menghadiri pemakaman almarhum yang direncanakan siang hari ini setelah sholat Dzuhur nanti,” ujarnya.

 

Tak bisa dipungkiri empati yang ditunjukkan oleh Babinsa tersebut mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari warga masyarakat, karena kepedulian Babinsa tersebut dapat membangun komunikasi sosial dan kedekatan Babinsa dengan warga di desa binaannya sehingga dapat tercipta Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.