Kondisi terminal pelabuhan Tanjungbatu
Kondisi terminal pelabuhan Tanjungbatu

Tanjungbatu – Terkait perbaikan kerusakan gedung terminal pelabuhan Tanjungbatu, salahsatu anggota DPRD Provinsi Kepri, Ery Suandi, mengatakan, perbaikan akan dilakukan di tahun anggaran 2022 oleh pemerintah Kabupaten Karimun.

“Setelah kita konfirmasi ke Bupati Karimun dan Direktur BUP, diketahui perbaikan akan dilakukan pada tahun 2022 nanti, sehingga terminal dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Ery, kepada Kundur News, Kamis (29/07/2021).

BACA :  Kerusakan Ruang Tunggu Terminal Pelabuhan Tanjungbatu Akan Segera Diperbaiki

Bangunan terminal pelabuhan Tanjungbatu, dibangun oleh pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, pada tahun tahun 2013 lalu, dengan nilai anggaran sebesar Rp 2,6 Miliar. Setelah dibangun bangunan tersebut belum dapat dioperasikan sebagaimana mestinya, dikarenakan pihak Provinsi belum menghibahkan pengelolaannya ke pihak Kabupaten Karimun. Pada 10 February 2021, baru pihak Kabupaten Karimun menerima hibah dari Provinsi Kepri yang dilakukan oleh Sekda Kepri pada waktu itu, juga disaksikan oleh Anggota DPRD Lis Darmansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Firmansyah, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syamsul Bahrum, Staf Ahli Bidang Hukum Mariani Ekowati, Kadis Perhubungan Junaidi, yang penandatanganan dilakukan di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur di Dompak, Tanjungpinang.

BACA :  Kerusakan Ruang Tunggu Terminal Pelabuhan Tanjungbatu Akan Segera Diperbaiki

Kurang lebih delapan tahun baru dilaksanakan hibah, tentu saja bangunan tersebut mengalami kerusakan. Seperti mengalami kebocoran serta kondisi pelavon gedung yang sudah berjatuhan.

Dikatakan Ery Suandi lagi, pemerintah Kabupaten Karimun akan menghibahkan pengelolaannya ke Badan Usaha Pelabuhanan (BUP), tentusaja setelah dilakukan rehab gedung.

“Saat ini pelabuhan masih ditangani oleh Pemda Karimun untuk di rehab, baru setelah itu akan diserahkan ke BUP untuk dikelola,” kata Ery.*

Previous articlePolisi Berhasil Ringkus Dua Pemuda Tembilahan Hulu Karena Narkoba
Next articleEry Suandi Upayakan Ruang Tunggu Pelabuhan Kundur Utara Untuk Segera Digunakan