Sawang – Bupati Karimun H.Aunur Rafiq mengunjungi tambak udang Kelompok Nelayan pantai Ketapang Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, Sabtu(11/3/23).

Dalam kunjungan tersebut Aunur Rafiq mengatakan, “ini suatu percontohan dalam pengembangan Budi daya udang udang vaname dengan bantuan yang di berikan, bisa bergulir dan bisa memberikan dampak dalam peningkatan ekonomi,” kata Rafiq.

“Saya mengapresiasi serta dukungan atas kegiatan ini dan ini bisa di contohi oleh kelompok-kelompok yang lain, tidak perlu besar tapi yang penting dengan anggaran Rp 200 juta itu dia bisa berputar,” ujar Rafiq.

Dikatannya juga, kolam-kolam tersebut tidak memerlukan tanah dan coba dikembangkan, dan nantinya ada pengembangan tambak udang di Kecamatan Ungar sekitar 500 hektar dari pengembangan yang sudah ada di Bintan dari Perusahaan,” ungkapnya.


Dhian Cristiawan bagian teknisi kelompok mengataka, bagian terberat dari usaha ini adalah biaya awalnya yang menelan dana sekitar 180 juta rupiah, dengan adanya bantuan yang di berikan dapatlah usaha ini berkembang,” katanya.

“dan untuk hasil diperkirakan sekali panen pertiga bulan mencapai 1200 Kg adapun harga perkilonya,Rp 70 hingga 80 Ribu untuk penjualan setempat, atau ke Karimun dan untuk penjualan ke Batam harganya mencapai Rp 100 hingga 120,” paparnya.*