Kateman — Memasuki musim panas Bintara Pembina Desa (Babinsa) satuan Koramil 06/Kateman Kodim 0314/Inhil, gencar lakukan Patroli dan Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di parit 7 Kelurahan Tagaraja, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (26/11/2022) pagi.

 

Dikatakan Sertu Jonni Pasaribu pada Pagi sekitar pukul 08.30 WIB sampai pukul 10:00 WIB dirinya melakukan patroli gabungan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) meninjau lahan, hutan dan kebun milik masyarakat yang rawan terjadi kebakaran pada musim kemarau ini.

 

“Walau Patroli tidak ditemukan adanya titik api dan asap di lahan, hutan dan kebun di tanah milik masyarakat. Petugas patroli terus mensosialisasikan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat mengenai karhutla, dan hindari melakukan pembakaran lahan, hutan dan kebun pada musim kemarau yang akan mengakibatkan kebakaran,” kata Sertu Jonni Pasaribu.

 

Lanjut Sertu Jonni Pasaribu bahwa tim melakukan monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, lakukan pemadaman dini jangan sampai api membesar.

 

Dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.

 

“Upaya terpadu dimaksud perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat,bertahap mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi,” pungkasnya.