Home Riau INHIL Danramil 06/KTM Diwakili Serda Rudi Hartono Hadiri Sosialisasi Gemar Ikan di Kecamatan Teluk Belengkong 

Danramil 06/KTM Diwakili Serda Rudi Hartono Hadiri Sosialisasi Gemar Ikan di Kecamatan Teluk Belengkong 

0
Danramil 06/KTM Diwakili Serda Rudi Hartono Hadiri Sosialisasi Gemar Ikan di Kecamatan Teluk Belengkong 

Teluk Belengkong – Danramil 06/Kateman kapten Czi Asmara Hadi yang diwakili oleh babinsa Serda Rudi Hartono menghadiri acara sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan makan ikan (gamar Ikan) yang ditaja oleh dinas perikanan kab.Inhil. bertempat di aula kantor Camat Teluk Belengkong, Jum’at (2/12/2022) pagi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, camat Teluk Belengkong, Sugianto S.sos., Danramil 06/Kateman kapten Czi Asmara Hadi, yang diwakili Babinsa Serda Rudi Hartono, Kapolsek Teluk Belengkong IPDA Dedi Sekretaris dinas perikanan kab.Inhil Drs Arpan Azazi M.Pd, Kua Kecamatan. Teluk Belengkung Hayatusalis, tiga orang Nara sumber sosialisasi dari kab.Inhil, ketua PKK kec.Teluk Belengkong, Anggota masyarakat kecamatan Teluk Belengkong.

 

Dikatakan Serda Rudi Hartono Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

 

Dinas Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir pada umumnya menyelenggarakan suatu kegiatan GEMARIKAN dari olahan hasil perikanan, yang tertuang dalam program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan di kabupaten Indragiri Hilir khususnya kecamatan Teluk Belengkong dengan menyelenggarakan dalam kegiatan rutin dari tahun ketahun untuk mengkampanyekan makan ikan sehingga masyarakat dan anak terpenuhi gizinya aman dan baik dikonsumsi.

 

 

Dinas Perikanan di Kabupaten Indragiri Hilir saat ini terus mensosialisasikan secara berkesinambungan setiap tahunnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan harapan dapat mengkampayekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagaimana pentingnya dan manfaat dari ikan itu sendiri. Dalam kegiatan GEMARIKAN ini disosialisasikan bahwa ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan mengandung Omega-3 zat pencerdas otak selain itu mengandung protein, vitamin, mineral, serta memiliki kandungan kolesterol rendah.

 

Bagian- bagian tubuh ikan tersebut semuanya bermanfaat seperti :

 

Kepala dan mata ikan mengandung Polysacharida bermanfaat dalam mengontrol sirkulasi darah.

Tulang/Duri mengandung kalsium dan kolagen, bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Isi perut/lemak mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolesterol.

 

Kulit mengandung vitamin A dan B2 yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

 

Minyak ikan mengandung DHA (Docahexaenoic Acid) yang bermanfaat untuk pertumbuhan retina mata.

 

Daging mengandung protein berkualitas tinggi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.

 

Gemarikan dapat dimulai dari keluarga dimana anak-anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non ikan banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu untuk mensiasati hal tersebut yaitu dengan mengubah bentuk masakan ikan menjadi bentuk lain seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan lainnya.

 

Dari kegiatan yang dilaksanakan guna menciptakan pola hidup dan menggerakan masyarakat cinta ikan dengan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan di Kecamatan Teluk Belengkong baik dikalangan pemerintah, swasta maupun masyarakat didaerah diharapkan dapat mendorong terciptanya promosi produk olahan perikanan yang memenuhi syarat baik dan aman di konsumsi.

 

“Dengan GEMARIKAN salah satu tombak untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang diharapkan pemerintah daerah khususnya Dinas Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir untuk memberikan dan mengenalkan tentang diversifikasi produk olahan ikan,” pungkasnya.