Via : PopSugar
via : PopSugar

Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan diet atau mengontrol dan menjaga pola makan mereka. Salah satunya adalah alasan penampilan dan kesehatan. Namun, terkadang sesorang tetap saja merasa gagal dan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan walau telah mencoba beragam cara dalam diet yang popular sekarang ini.

Walaupun kita tahu bahwa sistem pencernaan setiap orang akan berbeda-beda dan inilah yang mempengaruhi hasil dari diet. Tapi, berikut 6 penyebab mengapa anda masih saja gagal dalam menurunkan berat badan walaupun sudah diet dengan beragam metode.

1. Kurang Minum

Harus diketahui bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% air dan ini memang mutlak menjadi sebuah pedoman bahwasanya manusia mebutuhkan pasokan air setiap harinya. Air juga membantu dalam mepercepat metabolisme tubuh, dimana ini akan membakar apapun yang kita makan menjadi energi yang bisa digunakan oleh tubuh.

Jadi jika seseorang kurang minum maka laju metabolisme nya akan menurun dan alhasil tubuh kurang energi dan menjadi penumpukan lemak apapun yang kita konsumsi tersebut. Air juga sebagai salah satu komponen yang bisa mebersihkan tubuh dari sisa sisa racun didalam tubuh. Dan harus diketahui bahwa terkadang tubuh salah mengartikan sinyal haus dan lapar.

BACA :  5 Jenis Kesalahan Dalam Diet Yang Justru Berbahaya dan Berpotensi Menambah Kegemukan

2. Makan Secara Berlebihan

Ya, memang tidak akan ada yang melakukan hal ini selama mereka dalam program diet. Namun secara tidak sadar terkadang seseorang akan melakukannya. Misalnya saja makan berlebihn ketika merasa sangat lapar sehabis olah raga berat. Seperti yang kita bahs diawal artikel, bahwa tubuh seringkali meberikan sinyal salah antara haus dan lapar.

Sedangkan berolah raga berat mengeluarkan banyak cairan tubuh dan biasanya tubuh akan berada pada mode dehidrasi yang membutuhkan asupan cairan sesegera mungkin. Inilah yang disalah artikan dengan kelaparan hingga makan banyak, ya percuma saja bukan?

source : IDNTimes

3. Tidak Berolahraga

Wah, ini penyebab yang sangat memungkinkan kenapa anda tidak mengalami penurunan berat badan walaupun sudah diet. Semua diet harus diimbangi dnegan berolahraga loh. Karena selain mebantu mebakar lemak sisa olahraga juga perlu agar kita tetap sehat dan bugar.

BACA :  Atasi Perut Buncit Dengan 5 Metode Alami Ini

4. Stress

Jangan biarkan stress melanda anda. Jangan biarkan stress menjadi alasan kegagalan diet anda. Stress tidak hanya buruk bagi kesehetan secara keseluruhan, namun menganggu pola diet. dimana stress akan mengaktifkan hormon tubuh yang akan menambah nafsu makan seseorang dan menggangu laju metabolisme.

Baca juga : Kesalahn dalam diet yang berbahaya

5. Kurang Istirahat

Ketahuilah bahwa sehari seseorang diharuskan beristirahat sebanyak 6-8 jam. Dan istirahat paling bagus adalah dikala malam hari. Kita tahu ada banyaka alasan mengapa seseorang bergadang dan tidak mendapatkan cukup tidur dimalam hari, pekerjaan misalnya. namun ini akan berdampak pada naiknya berat badan dan menggangu kesehatan anda, jadi kurangi jam begadang anda ya.

BACA :  Atasi Perut Buncit Dengan 5 Metode Alami Ini

6. Mengikuti Pola Yang Salah

Jika anda bertanya pola diet yang salah itu seperti apa? Maka jawabannya adalah pola diet ekstrem yang akan mebuat efek yoyo. Apa itu efek yoyo? Ini adalah efek dimana tubuh akan kembali menaikan berat badan dalam waktu singkat setelah berhenti diet dan bahkan lebih banyak berat yang dikembalikan.

Apa saja metode yang salah? Tidak makan pagi, tidak makan sama sekali dan bahkan parahnya ada yang mengajurkan memakan satu jenis kebutuhan tubuh saja. Tubuh memerlukan semua asupan secara lengkap. Untuk mengurangi berat badan, anda harus tahu prinsip dasar diet. Prinsip dasarnya adalah : Mengurangi porsi dan menambah kegiatan fisik.*