Kadisdik Karimun, Bakri Hasyim
Kadisdik Karimun, Bakri Hasyim

KARIMUN – Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun telah menetapkan sebanyak 20 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengatakan, dari sekitar 60 SMP sederajat se Kabupaten Karimun, telah ada 20 sekolah yang siap melaksanakan UNBK, yang rencananya ujian tersebut akan berlangsung pertengahan April mendatang.

“Ke 20 SMP sederajat yang ikut UNBK dipastikan sudah mulai mempersiapkan diri, melengkapi kebutuhan perangkat komputer dan jaringan internet,” kata Bakri, Selasa (12/2).

Dijelaskan Bakri, sebelum didapati 20 sekolah yang siap melaksanakan UNBK, sudah ada 16 sekolah sebelumnya dinyatakan siap. Namun belakangan menyusul empat sekolah lainnya yang mengaku telah mempersiapkan diri untuk ikuti UNBK.

Dalam melengkapi perangkat komputer, beberapa sekolah menghimbau agar para siswa yang memiliki laptop dapat membawa ke sekolah, sehingga dapat menambah perangkat untuk menunjang pelaksanaan UNBK. Tidak hanya itu, laptop milik tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah-sekolah juga akan digunakan untuk ujian tersebut.

Sementara khusus sekolah di pulau-pulau, dipastikan belum dapat mengikuti UNBK karena terkendala jaringan internet yang tak memadai.

“Sekolah yang ikut ini rata-rata yang ada di Pulau Karimun, Kundur dan satu sekolah di Moro. Selebihnya tidak ada yang bisa, karena jaringan internet tidak dapat diakses di pulau,” jelas Bakri.(*)