Home Kepri Karimun

Hari Terakhir Masih Minim Partai Yang Daftarkan Bacaleg, PKB Lampaui Kuota Perempuan Hingga 40 Persen

KARIMUN – Hari terakhir masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun masih sepi, sampai pukul 12.00 WIB siang baru dua partai yang mendaftar, Selasa (17/7) dari enam partai sebelumnya yang telah mendaftar sejak Senin (16/7).
Pendaftaran dihari terkahir dimulai dari Parai Demokrat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Karimun, Iwan Kusuma dan memboyong pengurus, bacaleg dan simpatisan tepat pukup 10.00 WIB. Iwan menargetkan semua dapil harus meraih dua kursi DPRD Karimun dengan pengecualian dapil II (Moro-Durai) yang memang bukan menjadi basis Demokrat.
“Kita serahkan berkas hari ini karena instruksi dari DPP agar serentak semua se Indonesia,” katanya.
Hampir bersamaan, sebelum rombongan Demokrat pergi, pukul 10.15 WIB romogongan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tiba di Kantor KPU Kabupaten Karimun, yang dipimpin langsung Ketua DPC PKB Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani. Dengan membawa massa ratusan orang yang terdiri dari dua grup kompang, 30 bacaleg dari semua daerah pemilihan, pengurus partai dan simpatisan.
Menariknya, tim ini didominasi oleh kaum perempuan dan mereka datang ke Kantor KPU Kabupaten Karimun dengan cara longmarch atau jalan kaki sejauh lebih dari dua kilometer, dari kantor DPC PKB di Kelurahan Sungai Lakam Timur Kecamatan Karimun.
Menurut Novi sapaan akrab Ketua DPC PKB Kabupaten Karimun, aksi longmarch menuju Kantor KPU Karimun itu dilakukan sebagai bukti semangat juang yang dilakukan PKB Kabupaten Karimun. Yang merupakan semangat bersama dan tidak diatur-atur sebelumnya. Bahwa pesta demokrasi tahun 2019 sudah semakin dekat.
“Longmach ini menandakan bahwa bukan sembarang jalan, tapi ada semangat dan optimis meraih target. Apa lagi tadi dalam penyerahan berkas alhamdulillah semua syarat dapat kita penuhi, artinya dinyatakan lengkap dan sah. Untuk keterwakilan perempuan justru kita melebihi dari yang diwajibkan minimal 30 persen, kami PKB malah lebih dari 40 persen keterwakilan perempuan. Bahkan ketua PAC di beberapa Kecamatan itu adalah perempuan,” ucap Novi.
Novi menargetkan dari semua dapil mampu meraih lima kursi. Dimana tiga kursi yang didapat pada pemilu 2014 lalu harus dipertahankan dan dua kursi lagi tambahan dari Dapil III dan IV.
Sementara khusus bacaleg DPR RI lanjut Novi, DPC PKB Kabupaten Karimun mengusung kader terbaik mereka yang juga merupakan masyarakat Karimun, atas nama Capt Samuel Bonaparte Hutapea.
Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengaku sampai tengah hari masih minim sekali kepedulian partai politik untuk menyegerakan melakukan pendaftaran.
“Sampai siang ini baru delapan partai, artinya ini baru 50 persen. Masih delapan partai lagi. Barusan dapat informasi katanya PBB mau datang tapi pukul 20.00 WIB malam. Ya kita tetap komit sampai batas akhir pukul 24.00 WIB nanti malam,” ujar Eko.(*)
==========================