Home Riau INHIL HM Sibarani Bersama Warga Binaan Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Kelurahan Kuala Enok 

HM Sibarani Bersama Warga Binaan Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Kelurahan Kuala Enok 

0
HM Sibarani Bersama Warga Binaan Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Kelurahan Kuala Enok 

Tanah Merah – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/TM Sertu HM Sibarani melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kelurahan Kuala Enok, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (16/11/2022) pagi.

 

Dikatakan Sertu HM Sibarani kegiatan patroli Karhutla tersebut menelusuri areal perkebunan melaksanakan patroli dan sosialisasi di titik-titik rawan Karhutla untuk menjaga lingkungan kelurahan Kuala Enok terhindar dari Karhutla.

 

Babinsa Koramil 02/TM HM Sibarani, mengatakan bahwa pihaknya terus memantau daerah rawan karhutla bersama pihak terkait lainnya terus turun ke lapangan memastikan tidak ada kebakaran hutan dan lahan.

 

“Kita melakukan patroli di kawasan yang rawan kebakaran hutan dan lahan di kelurahan Kuala Enok Pemantauan dilakukan di areal perkebunan ataupun hutan untuk memastikan tidak ada titik api. Jika ada kebakaran hutan dan lahan, kita bersama masyarakat akan bergerak cepat untuk memadamkannya,” jelasnya.

 

Selain patroli dia juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

 

“Ya kita memberikan himbauan kepada pemilik kebun, agar saat membuka lahan tidak menyulut api, dikarenakan bisa sangat berdampak terhadap pencemaran lingkungan udara. Selain itu juga dapat merembet ke area lahan-lahan pertanian lainnya,” tandasnya.

 

Dikatakannya dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut tersebut, selalu melakukan pantauan di titik rawan terjadinya kebakaran, dan melakukan pemetaan wilayah yang sering terjadi kebakaran.

 

Dalam kegiatan patroli dan sosialisasi tersebut di wilayah binaannya yang sering terjadi kebakaran lahan pertanian, tidak ada ditemukan titik api dan asap.

 

“Dari patroli yang kami laksanakan hasilnya nihil tidak ada titik hotspot, dari hasil peninjauan kita dalam keadaan aman dan terkendali,” pungkasnya.