Home Riau INHIL Jaga Wilayah Binaan Aman Karhutla, Babin Koptu Al Alim Laksanakan Pantauan Patroli  

Jaga Wilayah Binaan Aman Karhutla, Babin Koptu Al Alim Laksanakan Pantauan Patroli  

0
Jaga Wilayah Binaan Aman Karhutla, Babin Koptu Al Alim Laksanakan Pantauan Patroli  

Kateman — Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaan. Babinsa Koramil 06/Kateman, jajaran Kodim 0314/Inhil Koptu Al Alim melaksanakan patroli Karhutla di Wilayah Binaan Desa Teritip, kecamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir, Senin (13/3/2023) pagi.

 

Saat dikonfirmasi awak media Koptu Al Alim mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla tersebut merupakan antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di daerah rawan terhadap kebakaran.

 

“Kegiatan ini sering kita laksanakan sebagai Babinsa untuk memantau perkembangan wilayah binaan terhadap ancaman kebakaran di wilayah yang sering terjadi rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

 

Selain melaksanakan Patroli, dikatakan Koptu Al Alim juga melakukan sosialisasi kepada warga-warga pemilik kebun agar tidak melakukan kegiatan pembakaran. Sehingga tidak terjadi kebakaran lahan-lahan.

 

“Sering terjadi kebakaran, karena pemilik kebun, sengaja membakar lahan, namun tidak dijaga dan ditinggalkan pulang ke rumah, nah disitu lah seringkali merembet kemana-mana apinya,” sebutnya.

 

Menurutnya Kalau sudah terjadi kebakaran, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan udara, dan juga dapat merugikan diri sendiri, bisa menjadi tindak pidana, karena tidak mengindahkan aturan pemerintah.

 

“Ya sebagai antisipasi kita melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga warga paham dan mengerti, bahwa melakukan pembakaran lahan tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” pungkasnya.