Enok – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Marhalim Pasaribu anggota Koramil 02/TM Laksanakan komunikasi sosial (Komsos) bertempat di kelurahan Pantai Seberang Makmur (PSM), kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (17/11/2022) pagi.

 

Dikatakan Serda Marhalim Pasaribu, pada hari ini melakukan Komsos dengan para penambang sampan di kelurahan PSM tujuan kelurahan Enok agar terjalin hubungan yang baik antara TNI dan masyarakat.

 

Menurutnya pelaksanaan Komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Selain itu juga sebagai sarana mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat.

 

“Sebagai Babinsa kami harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik, sehingga berbagai informasi yang terjadi dapat terdeteksi secara dini dan cepat tentukan langkah untuk menyelesaikannya, terang Serda Marhalim Pasaribu.

 

Salah satu tujuan komunikasi sosial adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.

 

Selain itu dia juga berpesan kepada para penambang sampan agar lebih mengutamakan keselamatan para penumpang.

 

“Itu yang terpenting, keselamatan manusianya, jangan melebihi kapasitas muatan, mencari untung sih boleh saja tapi lihat juga resikonya, jadi lebih baik kerja selamat saja dan tidak ada resiko yang harus di ambil,” tutupnya.