Indragiri Hilir, – Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat pokok bagi setiap manusia. Mungkin bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan tidak akan pernah kesusahan untuk mencari air bersih, karena di daerah pegunungan kaya akan mata air yang sangat bersih dan alami.

Namun tidak bagi masyarakat yang tinggal di dataran rendah bahkan ditepian pantai. Mereka sangat susah untuk mendapatkan air yang bersih dan layak. Untuk sekedar minum dan masak saja mereka menggunakan air hujan yang ditampung dari cucuran atap.

Seperti yang di alami masyarakat RT 03, RW 01 Dusun 1 Desa Sungai Batang Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten lnhil. Mereka semua sangat memerlukan adanya aliran air bersih di kampung mereka.

BACA :  Dandim 0314/Inhil Pimpin Upacara Korps Raport Pindah Satuan

Selama ini mereka hanya membuat embung atau semacam kolam sebagai penampung air di belakang rumah mereka untuk mandi. Itupun sangat kumuh,kotor dan memperihatinkan.

Dandim 0314/lnhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr(Han) melalui Danramil 12/Batang Tuaka Kapten Arh Agus Purwanto mengatakan bahwa pembuatan sumur bor ini merupakan salah satu program dari bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNl Dudung Abdurahman melalui program TNl AD Manunggal Air bersih yang dilaksanakan oleh Kodim 0314/lnhil berkolaborasi dengan Lions Club Tembilahan Star Light Mulia Distrik 307. A2 dan PSMTI.

BACA :  Kodim 0314/Inhil Sasar Vaksinasi Bagi Siswa SD 004 dan Masyarakat Umum

“Kemarin tim pembuat srumur bor ini telah melakukan persiapan persiapan untuk memulai pekerjaan di lokasi yang telah kita tentukan dan telah disepakati oleh seluruh masyarakat sekitar dan hari ini pembuatan sumur bor tersebut sudah mulai di kerjakan,” Ujar Dandim, Kamis (9/6/22).

Sesuai rencana, kata Dandim, pembuatan sumur bor ini akan memakan waktu sekitar 2 pekan. Mungkin nanti ditambah pembuatan tower untuk menyimpan Tanki air dan pemasangan pipa air menuju kerumah rumah warga.

“Sumur bor ini akan kita salurkan kepada 36 KK yang ada di sekitaran sini. Saya harapkan kepada masyarakat agar bisa bersabar dan bisa saling mendukung serta membantu proses pembuatan sumur bor ini. Begitupun nantinya bila sumur bor ini telah selesai dikerjakan agar masing masing masyarakat bisa saling menjaga dan merasa bertanggung jawab,” sebutnya.

BACA :  Bupati Inhil Buka TMMD Kodim 0314 Tahun 2022

Terakhir Dandim mengungkapkan bahwa pihaknya bersama Tim pembuat sumur bor akan terus berupaya secara maksimal dalam proses pengerjaannya.

“Semoga proses pembuatan sumur bor ini dapat berjalan lancar dan aman tanpa adanya kendala agar hasil dan manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat setempat,” imbuhnya.*

Previous articlePesan Bupati Kepada Pengurus Forum Pembaruan Kebangsaan Yang Baru Dilantik
Next articleCegah Stunting, DP2KBP3A Inhil Gelar Sosialisasi Dashat Kampung KB