pramuka-berkemah

Kundur News – Karimun – Menyambut HUT Pramuka ke-54 yang jatuh tanggal 14 Agustus, Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun menggelar perkemahan selama tiga hari di lapangan sepak bola Alur Jongkong (Kwarran Tebing), Kecamatan Tebing sejak, Selasa (11/8/2015) sore.

Pembukaan perekemahan secara lansung dipimpin Bupati Karimun, Nurdin Basirun sekaigus sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun ini, dihadiri Sekda Karimun, Arif Fadillah serta FKPD dan Kepala SKPD.

Ketua panitia pelaksana, Firmansyah juga menjabat Kadispenda Karimun diwakii Usman dalam laporannya, perkemahan menyambut HUT Pramuka ke-54 ini mengangkat tema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”.

“Perkemahan ini untuk membina dan mengembangkan persaudaraan serta persatuan dikalangan pramuka penggalang maupun penegak, melalui kegiatan kreatif, inovatif serta produktif,” terang Kabag Kesra Karimun itu menyampaikan tujuan kegiatan.

Sambung Usman, peserta yang mengikuti perkemahan sebanyak 417 orang berasal dari 11 Kwartir Rating di Kabupaten Karimun, ditambah 69 pembina.

“Sebenarnya yang mengikuti 12 Kwartir Rating Namun dari Kecmatan Kundur pada tahun ini tidak mengirimkan utusan atau pesertanya,” terangnya lagi.

Bupati Karimun dalam sambutannya meminta anak-anak pramuka sebagai generasi muda harus gemar (mencintai) membaca ayat suci Al-Qur’an dan rajin melaksanakan ibadah sholat ke Masjid.

“Dua hal tersebut sebagai benteng diri yang menjauhkan dari hal-hal buruk, seperti pergaulan bebas dan bahaya narkoba,” pinta Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun itu.

Nurdin menyebutkan, sebagai kepala daerah dan Ketua Kwarcab Pramuka, dirinya mempunyai kepentingan serta tanggungjawab besar terhadap generasi muda. Karena, generasi muda salah satu aset kedepan sebagai kekuatan ampuh, modal pembangunan di masa mendatang.

“Kabupaten Karimun berada diwilayah perbatasan dengan dua negara maju (Malaysia dan Singapur), tentunya generasi tersebut menjadi ujung tombak. Maka dari itu, generasi muda harus berpotensi serta siap berkompetisi untuk bersaing,” ungkapnya.

Disampaikan Nurdin lagi, pemerintah daerah tidak meragukan lagi dengan kemampuan generasi muda di Karimun. Hal itu melihat dari prestasi-prestasi diberbagai bidang yang sudah diraih.

“Generai muda jangan sia-siakan waktu dalam mempersiapkan diri. Jauhi hal-hal merusak serta menghancurkan masa depan. Generasi muda Karimun harus jadi pelopor dan garda terdepan,” pintanya mengakhiri.

gk