Puskemas Niur Permai Moro
Puskemas Niur Permai Moro

Kundur News – Moro – Bupati Karimun, Nurdin Basirun meresmikan pemakaian Puskesmas Niur Permai, Kecamatan Moro, Rabu (12/8/2015) siang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Sensissiana menyampaikan, pembangunan Puskesmas Niur Permai berkaitan dengan pemekaran wilayah dan pembentukan beberapa desa yang berada dipulau-pulau di Kecamatan Moro, sangat perlu dibangun Puskesmas.

“Secara administrasi wilayah kerja Pukesmas Niur Permai terdiri dari 22 RW, 65 RT dan 17 Dusun dengan jumlah penduduk secara keseluruhan 6.980 jiwa. Tujuan dibangun Pukesmas mempermudah akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, pembangunan gedung Pukesmas Niur Permai terdapat 18 ruangan. Diantaranya ruang Kepala Pukesmas, program, tata usaha, pendafaran, gudang obat, poli umum, poli gigi, poli MTBS, poli KIA, poli KB, ruan tunggu, laboratorium dan toilet diatas lahan dengan luas 1, 5 hektar (hibah) dari masyarakat setempat, dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Karimun tahun 2014 sebesr Rp 1,2 miliar.

BACA :  Gading Akan ‘Terang Benderang’

“Puskesmas Niur Permai ini juga dilengkapi dengan peralatan kesehatan, mobiler yang dibiyai APBD Karimun tahun 2015 Rp 189.850.000 (untuk Pukesmas Niur Permai dan Pukesmas Belat). Untuk ketenagaan ada 4 oranng PNS dari Dinkes Karimun serta 16 orang tenaga honor,” terang Sensis panggilan akrabnya.

Bupti Karimun dalam sambutannya mengatakan, dibangunnya Pukesmas Niur Permai, dapat membantu masyarakat setempat yang dulunya harus menempuh jarak cukup jauh untuk berobat.

“Dulu jika masyarakat di Desa ini mau berobat harus ke Kecamatan. Dengan adanya Pukesmas ini, ketempat pelayanan kesehatan tidak jauh lagi,” tutur Nurdin singkat.

Pantauan dilapangan, jarak tempuh dari pelabuhan ke Pukesmas Niur Permai sekitar dua kilo meter. Namun, jalan menuju ketempat pelayanan kesehatan baru tersebut belum diaspal. Parahnya ketika hujan turun, jalannya becek dan licin.

BACA :  Nurdin Buka MTQ Provinsi Kepri ke VII di Kabupaten Lingga, Persiapkan Kafilah Kepri Jadi Juara di MTQ Nasional

Masih dalam patauan, pada peresmian diiringi hujan ini dihadiri Sekda Karimun, Arif Fadillah, anggota DPRD, Bakti Lubis, Camat Moro, sejumlah Camat lainnya dan Kapolsek Moro, Kades, RT/RW serta masyarakat setempat.*

nk

BACA: Sungai Ungar Segera dibangun sebuah Puskesmas, Lengkap dengan Fasilitas Rawat Inap