Punya uang banyak saja tak cukup untuk menghindarkan diri dari krisis keuangan. Dengan pengelolaan yang salah, risiko tetap mengancam.

Apalagi kalau pemasukan sehari-hari tidak besar. Kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan. Untuk itulah, kamu perlu melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Kelola pengeluaran
Atur pengeluaranmu dengan bijak. Siapkan budget bulanan dan cobalah untuk mematuhinya. Usahakan untuk tidak membuat pengeluaran yang tidak perlu.

2. Sisihkan untuk tabungan

Anjuran orang tua kita semasa kecil memang berguna, kok. Simpan sebagian penghasilanmu agar kamu punya dana cadangan untuk mengantisipasi keperluan-keperluan tidak terduga.

3. Miliki tabungan likuid
Kamu harus memiliki tabungan yang likuiditasnya tinggi alias mudah dicairkan. Lagi-lagi untuk mengantisipasi keperluan tak terduga yang mendadak.

4. Buat pembukuan sederhana
Pastikan kamu memiliki catatan terinci mengenai pemasukan dan pengeluaran tiap bulan. Dengan begini kamu bisa lebih mudah memantau dan mengatur cash flow.

5. Rawat baik-baik setiap barang
Kamu perlu merawat baik-baik barang-barang yang kamu miliki. Terutama yang biaya perbaikannya besar seperti laptop, smartphone, dan mobil. Dengan begini kamu bisa meminimalisir sumber pengeluaran tak terduga.

6. Bayar utang tepat waktu
Meskipun terlihat remeh, tetapi bunga utang bisa memberatkan di kemudian hari. Karena itu bayar kewajibanmu tepat waktu.

7. Jaga kesehatan
Satu lagi aset berharga yang perlu kamu jaga baik-baik. Tubuhmu. Sebab biaya perawatan kesehatan dewasa ini sangat tinggi. Kamu perlu menjaganya baik-baik.

Itulah 7 cara sederhana untuk menjauhkan diri dari krisis finansial yang bisa kamu terapkan sendiri. (Merdeka.com) http://www.merdeka.com/gaya/lakukan-7-hal-ini-untuk-jauhkan-diri-dari-krisis-keuangan.html