Home Riau INHIL

Milad Inhil Ke-57 Dan Hari Bhayangkara, RSUD-PH Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Inhil – Dalam rangka Milad Inhil ke-57 sempena dengan Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022. Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada (RSUD – PH Tembilahan melaksanakan operasi bibir sumbing dan cacat pada langit-langit secara gratis, di RSUD PH Tembilahan, Sabtu (25/6/22).

Ketua Panitia operasi bibir sumbing Tika menjelaskan bahwa alur pendaftaran
pasien mendaftar melalui via online dengan menghubungi kontak person yang sudah ditentukan oleh pihak RSUD Puri Husada Tembilahan.

“Setelah melakukan pendaftaran pasien mendapatkan pelayanan. Jika dokter memutuskan untuk dilakukan tindakan operasi, pasien akan masuk di ruang perawatan guna mempersiapkan tindakan pembedahan,” sebutnya.

Tika menambahkan, pasien yang akan menjalani tindakan pembedahan akan diantar oleh petugas rawat ke ruang operasi. Setibanya di ruang operasi, petugas rawat akan melakukan timbang terima kepada petugas ruang operasi, terkait persiapan dan kondisi pasien.

Sebelum melakukan pembedahan, petugas ruang operasi akan melakukan pemeriksaan ulang kepada pasien, meliputi identitas diri dan kesiapan pasien. Setelah dokumen lengkap dan pasien dinyatakan siap dilaksanakan tindakan petugas akan membawa pasien dari ruang persiapan menuju ruangan operasi.

Pasien akan diberikan anastesi sesuai dengan tindakan operasi yang akan dilakukan, bisa dengan anastesi lokal atau anastesi umum.

“Ketika operasi telah selesai pasien akan di bawa ke ruangan pulih sadar, sampai kondisi pulih bisa kembali ke ruang rawat. Sebelum pasien kembali ke ruang rawat, petugas ruang pulih sadar akan timbang terima dengan petugas rawat terkait tindakan dan perawatan pasca pembedahan. Ketika dokumen sudah lengkap pasien akan kembali ke ruang rawat untuk dilakukan terapi seperti yang sudah direncanakan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala RSUD PH Tembilahan dr Saud Pakpahan menjelaskan bahwa sudah 2 tahun pihaknya tidak melakukan kegiatan bakti sosial bibir sumbing, karena terkendala pandemi.

“Mudah-mudahan sekarang ini pandemi covid-19 terus melandai dan kita sudah bisa melakukan kegiatan bakti sosial untuk tahun ini,” katanya saat diwawancarai wartawan, Sabtu (25/6/22).

Untuk kuota dan jumlah pasien operasi bibir sumbing dan langit-langit ini tahun ini, tidak dibatasi.

“Kita membuka seluas-luasnya artinya tidak ada batasan dan sejak dibuka pada tanggal 23 Juni sudah terdaftar 22 orang peserta operasi bibir sumbing. Dan setelah dilakukan screening pemeriksaan yang bisa dioperasi hanya 18 pasien, sementara yang tiga lagi ditunda operasinya,” sambungnya.

Terakhir, dr Saud Pakpahan berharap semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut, tidak hanya tiap tahun, tapi bisa dilakukan setiap ada pasien.

“Semoga kegiatan ini kedepannya bisa terus berjalan, tidak setiap tahun. Tapi, tiap ada pasien. Jadi, untuk masyarakat Kabupaten Inhil yang ingin melakukan operasi bibir sumbing, bisa langsung mendaftarkan ke RSUD Puri Husada Tembilahan,” imbuhnya.*

==========================