275704_menteri-kelautan-dan-perikanan-susi-pudjiastuti_663_382

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku sudah mendapat instruksi dari Presiden Joko widodo untuk menenggelamkan kapal asing ilegal yang masih beredar di laut Indonesia. Kebijakan itu akan dilakukan mulai pekan depan.

“Yes (ditenggelamkan). Mungkin tanggal 14 atau 15 Desember,” ujar Susi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (4/12).

Meski demikian, Susi belum mengetahui identitas kapal asing ilegal tersebut. Bahkan bos Maskapai Susi Air ini yakin, kapal asing ilegal yang ditangkap akan lebih dari tiga kapal.

“Nggak tau saya. Perinciannya belum jelas. Mungkin lebih (dari tiga),” tandasnya.

Seperti diketahui, Jokowi telah memerintahkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), untuk mengeksekusi penenggelaman tiga kapal asing asal Vietnam, yang mencuri ikan di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para pembantunya untuk menenggelamkan kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia sepertinya tidak main-main. Hari ini, Jokowi mengatakan baru saja memberi perintah tersebut kepada Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno.

“Beberapa jam yang lalu saya memerintahkan Menkopolhukam untuk menenggelamkan tiga kapal nelayan dari negara asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia pada hari Sabtu lusa (6/12/2014),” tulis Jokowi dalam fan page Facebook-nya, Kamis (4/12) sekitar pukul 16.20 Wib.

Jokowi tidak merinci dari negara mana saja tiga kapal itu berasal. Namun, dia menegaskan, pesan dari penenggelaman ini adalah Indonesia tidak main-main dalam tindakan tegas illegal fishing.

“Kita harus mengamankan lautan kita dari penjarahan pihak asing,” tegas Jokowi. (merdeka.com)http://www.merdeka.com/uang/mulai-14-desember-menteri-susi-tenggelamkan-kapal-asing-ilegal.html