oc-kaligis-lindungi-surya-paloh-dari-pusaran-kasus-suap-ptun-medan

+

Lazada Indonesia

+
Nama Ketua Umum Partai Nasional Demokrat ( NasDem) Surya Paloh mencuat di tengah kasus suap hakim PTUN Medan yang menyeret pengacara kondang Otto Cornelis (OC) Kaligis sebagai terdakwa. Awal mulanya berasal dari pengakuan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) nonaktif Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya Evy Susanti yang membeberkan adanya pertemuan dengan petinggi Partai NasDem.

Secara blak-blakan Gatot menyebut kehadiran Sekjen NasDem Patrice Rio Capella dalam pertemuan tersebut. OC Kaligis, Gubernur Sumut non aktif Gatot Pujo Nugraha dan Surya Paloh serta Patrice Rio Capella sempat bertemu di DPP NasDem pada Mei 2015.

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) langsung memanggil Patrice Rio Capella. Bahkan, komisi antirasuah juga tidak segan memanggil Surya Paloh yang disebut-sebut hadir dalam pertemuan itu, untuk dimintai keterangan.

“Terserah penyidik, yang jelas kita menghindari, diskriminatif terhadap seseorang sehingga harus diklarifikasi semua,” kata Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja di KPK, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dari pengakuan OC Kaligis, pertemuan itu memang ada. Bahkan dia juga menyebut pertemuan itu disaksikan langsung Surya Paloh. Tapi murni untuk melakukan islah antara Mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho dan Wakilnya, Tengku Erry Nuradi.

“Pertemuan itu bukan masalah politis, hanya mendamaikan saja karena saya Ketua Mahkamah (Partai Nasdem). Sama sekali tidak ada selebihnya,” kata OC Kaligis.

Terdakwa kasus suap PTUN Medan ini merasa keberatan jika pertemuan itu dikaitkan dengan kasus yang menjeratnya. Tidak hanya itu, dia juga ‘melindungi’ Surya Paloh dari pusaran kasus yang menjeratnya.

Dari pengakuannya, Surya Paloh sama sekali tidak tahu perihal kasus yang menjerat Gatot. “Waktu islah di DPP NasDem itu hanya sebatas itu saja, saya kan sebagai Ketua Mahkamah Partai, dan datang Pak Gatot. Saya ketemu dua-duanya Pak Surya Paloh enggak tahu apa-apa,” ungkap Kaligis.
Lantaran namanya sudah terseret dalam kasus yang melibatkan Gatot dan OC Kaligis, Surya Paloh angkat bicara. Tanpa ditanya awak media, Surya Paloh langsung membeberkan semuanya. Senada dengan OC Kaligis, Surya Paloh menegaskan bahwa pertemuan yang dihadirinya tidak sama sekali membicarakan kasus suap PTUN Medan.

“Kamu lihat wajah saya apakah saya berbohong? Satu kalimat pun tidak ada (membicarakan kasus suap hakim PTUN Medan). Satu kata pun tidak ada. Minta ketemu ini, ketemu itu, tidak ada,” tegas Surya Paloh usai menghadiri perayaan ulang tahun Fraksi NasDem di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/10).

Untuk membuktikan ucapannya itu, Surya Paloh menyatakan kesiapannya diperiksa dan apabila memang diperlukan untuk melakukan rekonstruksi ulang pertemuan itu.

“Sebelum kalian (wartawan) tanya. Saya pastikan akan datang jika memang diperlukan,” tegas Surya Paloh.

“Jadi kalau memang diperlukan rekonstruksi ulang saja.”

+
Sumber : Merdeka.com