Pemberdayaan-Masyarakat-Desa,-Dinas-Sosial-Gelar-Lomba-Inovasi-Tepat-Guna

Anambas — Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, pemberdayaan masyarakat desa dengan menggelar ‘Lomba Inovasi Tepat Guna’ KKA, yang digelar di GPMS, Jalan Imam Bonjol, Tarempak, Siantan, pada Kamis (5/4).

Kegiatan lomba tersebut diharapkan dapat mengadu kreativitas masyarakat, serta mampu menunjang meningkatkan perekonomian produktif masyarakat di Kepulaan Anambas.

Hadir dalam kesempatan itu, wakil Bupati Anambas, sekaligus membuka acara tersebut, selain itu turut hadir dandim 0318/NTN diwakili Pabung, Danlanal Tarempak diwakili Kpt. Marhadi, para SKPD, Kadin KKA, camat Siantan dan para Kepala Desa yakni Desa Temburu, Desa Mengkait, Desa Batu Belah, Desa Bayat dan Babinsa Koramil 02/TRP, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.

Peserta lomba yang ikut dalam acara tersebut :

  1. Dani Dahnia jenis alas pemipil cengkeh dari kec palmatak ( sebagai juara i )
  2. Paisal jenis alat permentasi pakan ternak sapi dari kec jemaja
  3. Fuad jenis alat permentasi pakan ternak ayam dari kec jemaja
  4. Firman jenis alat kompor bika batok kelapa dari kec palmatak ( sebagai juara ii )
  5. Asri Mustika Dewi jenis alat rampu ronwai lalulintas dari tim guru kec siantan selatan
  6. M Rapani jenis alat pemotong kerupul ikan dari sma 1 kec palmatak ( sebagai juara iii )

Sebagai juri dalam perlombaan itu yakni :

  1. Arnod dari Dinsos
  2. Abdulah dari Disperindak
  3. Daprizal dari Disperidak Kop
  4. Dian Tamalia dari SKM Dinkes PPKB
  5. Yohanes dari Disperindak Kop

Dalam kesempatan itu, pesan bupati KKA yang disampaikan melalui wakil bupati kka mengaku dirinya bangga dengan digelarnya perlombaan tersebut.

“Saya merasa bangga atas diselenggarakannya acara ini dan menggucapkan selamat datang pada peserta lomba,” ujarnya

Dia juga menyampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang terkait.

”Berkat kerja sama semua pihak bisa mengsukseskan acara, ini juga sebagi upaya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya

Menurutnya dengan diselengarakan lomba tentang tingkat KKA tahun 2018, dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas masyarakat untuk menggali gagasan dalam rangka menciptakan alat teknologi tepat guna, sederhana dengan memanfaatkan alat alat yang ada dan mengembangkannya menjadi alat yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat KKA,” ujarnya

Hasil dari perlombaan, juri menetapkan pemenang yakni juara 1 Hamdani dari Kecamatan Palmatak alat pengepeh cengkeh, juara ll Firman Edi dari desa Tebang alat kompor briket batok kelapa, juara lll M Rapani dari kecamatan Palmatak desa Putik, alat pemotongan kerupuk ikan.

Penyelenggara dari Dinas sosial menyediakan hadiah berupa uang tunai yakni juara 1 Rp.10 juta Dani Dahnia, juara 2 Rp 7 juta, hadiah ketiga Rp 5 juta M.Rifani.*