Pembuat Uang Palsu di Karimun Juga Sebagai Hacker Data Nasabah Perbankan

Untuk memenuhi kebutuhannya berupa pakaian dan sepatu, Jufisal membeli dengan cara online lalu ditransfer menggunakan uang milik nasabah berbagai perbankan yang sudah ia retas

KARIMUN – Penangkapan terhadap pelaku pencetak uang palsu atas nama Jufisal (29) rupanya tidak hanya lihai dalam mencetak duplikat rupiah palsu. Tapi juga mahir dalam melakukan peretasan data terhadap nasabah perbankan.

BACA: Uang Palsu Rp20 Juta Lebih di Karimun Ditemukan Polisi Tanpa Tuan

Hal itu dikatakan Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Lulik F saat melakukan ekspose di Mapolres Karimun, Jumat (11/5).

Untuk memenuhi kebutuhannya berupa pakaian dan sepatu, Jufisal membeli dengan cara online lalu ditransfer menggunakan uang milik nasabah berbagai perbankan yang sudah ia retas.

“Tadi sudah sempat saya suruh praktekin seperti apa cara dia menghacker data nasabah. Rupanya memang pintar dia,” kata Lulik.

Sepak terjang Jufisal yang mahir itu rupanya tidak bisa dipandang remeh. Karena dia merupakan mantan mahasiswa ternama di Kota Bandung-Jawa Barat. Dengan mengambil jurusan informatika dan baru sampai smester enam dia tak menuntaskan kuliahnya.

Pria asli kelahiran Kecamatan Moro itu lebih memilih pulang kampung dan menggunakan keahliannya untuk mencetak uang palsu dan meretas data nasabah perbankan guna mencukupi kebutuhannya.

Perbuatan itu sudah ia jalani sejak dua bulan terakhir.(*)