KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun menjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Tangerang-Banten, dalam penerapan e Office untuk mempermuda akses bagi siapapun baik pemerintah maupun masyarakat.

Penandatanganan kerjasama itu telah dilakukan pada Selasa kemarin (15/5) di Kota Tangerang, dengan dihadiri oleh Sekda Karimun M Firmansyah.

“Ada 98 proram secara keseluruhan dijadikan satu pada data centre. Sehingga nanti akan kita gunakan semuanya. Saat ini masih dalam persiapan dan butuh dana sektiar Rp3 Miliar. Sehingga butuh waktu tiga tahun dalam mempersiapkannya,” kata Firmansyah, Jumat (18/5).

Kemudahan dalam penerapan e Office adalah dapat menggabungkan semua aplikasi yang ada menjadi satu. Mulai dari aplikasi belanja daerah seperti belanja langsung, belanja tak langsung, APBD, informasi tindak kriminalitas dan laporan atau pengaduan masyarakat.

Persiapan yang tak kalah pentingnya kata Firman, mencari SDM atau tim IT yang bisa diandalkan dalam memprogramkan e Office. Jika sudah didapatkan IT maka tak perlu lagi menggunakan konsultan.(*)