Peran Orang Tua Dalam Mewujudkan Cita-cita Pendidikan Nasional

Anambas – Di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Wakil Bupati Wan Zuhendra mereview kembali jasa Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara dengan Tut Wuri Handayani, atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan di Indonesia. Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional sehingga diperingati tiap 2 Mei.

“Bagi anak zaman sekarang, Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional termasuk nama Ki Hadjar Dewantara mungkin tidak begitu mereka kenal, sehingga ada baiknya kita bersama sama mereview kembali informasi tentang Hari Pendidikan Nasional, Hardiknas atau Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional,” ajak Zuhendra, membaca amanat menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada upacara bendera Hardiknas, Rabu, (02/05/18).

Amanat itu juga menyampaikan, Ki Hadjar Dewantara, sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959.

Amanat dari Mendikbud Muhadjir Effendy itu, lanjut Zuhendra, pengesahan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan telah mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional.

BACA: Hardiknas, Rafiq Minta Kualitas Pendidikan dan Tenaga Pendidik Harus Ditingkatkan

Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang.

Dalam kesempatan ini, pentingnya penguatan pendidikan dan kebudayaan juga merupakan respons terhadap pembangunan infrastruktur yang dilakukan Presiden Jokowi. Karena, menurutnya, pembangunan infrastruktur harus dibarengi dengan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepada guru, orangtua dan masyarakat untuk menjadi tripusat penguatan pendidikan dan kebudayaan nasional. Sebab, menurutnya, peran ketiganya sangat penting dalam mendorong anak didik mewujudkan cita-cita pendidikan nasional.

Acara diakhiri dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Siswa Siswi yang dinyatakan paling banyak dalam membaca Buku di Perpustakaan Kabupaten Kepulauan Anambas. *