Home INHIL Advedtorial Pimpin Rakor Lintas Sektor dan Lintas Program Bupati HM Wardan: Kita Perlu Kerja Keras untuk Dapatkan UHC

Pimpin Rakor Lintas Sektor dan Lintas Program Bupati HM Wardan: Kita Perlu Kerja Keras untuk Dapatkan UHC

0
Pimpin Rakor Lintas Sektor dan Lintas Program Bupati HM Wardan: Kita Perlu Kerja Keras untuk Dapatkan UHC

Tembilahan – Bupati Indragiri Hilir Drs. HM. Wardan MP memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektor dan lintas program, bertempat di Aula lantai 5 kantor Bupati Inhil, kamis 01/12/2022.

 

Rakor tersebut dalam rangka percepatan Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Indragiri Hilir. Turut di hadiri ketua komisi IV DPRD Inhil, unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait, Kepala BPJS beserta jajaran, serta undangan lainnya.

Bupati dalam arahanya menyampaikan, Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

 

Di jelaskan Bupati, Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2022 memiliki jumlah penduduk sebanyak 677.983 orang dengan jumlah kepesertaan JKN pada bulan agustus 2022 yaitu PBI JK 202.703, PBPU/BP Pemda 147.779, PPU 117.167, PBPU mandiri 49813, dan BP 3.857 orang.

“Sehingga total yang sudah terdaftar JKN sebanyak 521.319 (77.01%) dan yang belum JKN sebanyak 155.664 (22,99%), yang harus di capai pemerintah Indragiri Hilir dalam pencapaian UHC sebanyak 98%” terang Bupati”, ujarnya.

 

Menurut Bupati rapat ini sangat penting dilaksanakan karena di 12 Kabupaten/kota di Provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hilir meduduki posisi yang ke 10.

 

Lebih lanjut dikatakan Bupati, dengan kondisi seperti ini sangat memerlukan kerja keras dan kebersamaan sehingga apa yang menjadi program dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang di kabupaten Indragiri Hilir dapat tercapai.

“Masih ada sekitar 21% persen yang belum terdata dalam JKN yang harus kita prioritaskan, untuk itu saya tindaklanjuti dengan cepat dengan menerbitkan intruksi Bupati, surat edaran Bupati dan penegasan melalui rapat-rapat, semoga target kita tahun 2023 mendapatkan UHC”, tutup Bupati.

 

 

Sumber: Prokopim Setda Inhil