Home Regional Bali Program Bali Mandara Diklaim Telah Mampu Turunkan Angka Kemiskinan

Program Bali Mandara Diklaim Telah Mampu Turunkan Angka Kemiskinan

0
Program Bali Mandara Diklaim Telah Mampu Turunkan Angka Kemiskinan

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Kundur News – Denpasar-Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta mengklaim bahwa Program Bali Mandara hingga kini telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Bali. Namun sayang tidak disebutkan persentase penurunan angka kemiskinan di Bali yang disebabkan oleh pelaksanaan Program Bali Mandara.

Klaim tersebut disampaikan Sudikerta saat menggelar Simakrama (silahturahmi) dengan masyarakat di Br. Jaang, Desa Buahan Kelod, Payangan, Gianyar serta di Br. Langgahan Dangin dan Br. Langgahan Kauh, Desa Langgahan, Kintamani, Bangli, Rabu (15/3)

Menurut Sudikerta, Bali Mandara merupakan  visi yang jelas yaitu mewujudkan Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera. Hal tersebut sesuai dengan misi yang ada didalam program Bali Mandara khususnya dalam pengentasan kemiskinan.

“Program Bali Mandara telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Bali. Penurunan angka kemiskinan ini terjadi karena beberapa program pengentasan kemiskinan yang telah dikucurkan, seperti program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) merupakan salah satu program yang digagas bertujuan membangkitkan sektor pertanian,” papar Sudikerta.

Disamping itu, juga terdapat program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) yang juga menjadi fokus gebrakan pemerintah, dimana  Program ini menyasar pada desa-desa dengan tingkat kemiskinan di atas 35%.“Kucuran bantuan untuk Desa saat ini sebesar Rp. 1 milyar 20 juta.

Program tersebut diarahkan untuk penyaluran kredit serta pengembangan modal BUMDes, sehingga masyarakat diharapkan mampu mengembangkan perekonomiannya secara lebih mandiri” jelas Sudikerta.

Program Bali Mandara memuat sembilan program unggulan Pemerintah Provinsi Bali. Program yang diluncurkan sejak tahun 2008 tersebut seiring perjalanannya terus ditingkatkan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bali.

program_bali_mandara_diklaim_telah_mampu_turunkan_angka_kemiskinan_2Mandara antara lain percepatan akses dalam bidang pelayanan kesehatan dengan mengeluarkan asuransi kesehatan yang disebut Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), percepatan pembangunan ekonomi pedesaan melalui Proram Gerbangsadu Mandara (GSM), meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian melalui program Simantri, menguatkan program keamanan Bali, menciptakan Bali yang bersih dan hijau melalui prgram Green province, peningkatan infratsruktur kepariwisataan serta beberapa program unggulan lainnya.

Wagub Sudikerta berharap dengan berbagai program pembangunan yang ada dalam Bali Mandara dapat berjalan dengan lancar, dan secara berkelanjutan membawa perubahan pembangunan kearah yang lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat Bali. “Untuk itu, saya mengajak Bapak/Ibu untuk ikut mengawalnya agar sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkap Sudikerta.*

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]