Enok —  Pembina Desa Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Marhalim Pasaribu dalam rangka antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaan melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di wilayah Pusaran 8, kelurahan Pusaran, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (20/3/2023) pagi.

 

 

Babinsa Koramil 02 Tanah Merah Serda Marhalim melakukan patroli bersama 3 masyarakat peduli api (MPA) menggukan motor untuk memastikan daerah binaan tidak terdapat terjadinya kebakaran lahan masyarakat ataupun hutan yang rawan terjadinya kebakaran.

 

“Iya saya bersama masyarakat peduli api, melakukan patroli rutin di daerah rawan terjadinya kebakaran, untuk memantau langsung daerah yang sudah kita petakan yang sering terjadi kebakaran,” ungkap Koramil 02 Tanah Merah Serda Marhalim Pasaribu.

 

Lanjut dikatakan Babinsa, sembari melakukan kegiatan patroli Karhutla, Babinsa juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian, agar tidak melakukan membakar lahan dengan cara dibakar.

 

“Iya kita melaksanakan sosialisasi kepada pemilik kebun pertanian, saat membersihkan lahan miliknya, jangan membakar, dapat memicu terjadinya kebakaran, dan berpotensi menjadi pencemaran lingkungan udara,” jelasnya.

 

Menurut Babinsa, membuka lahan dengan cara dibakar, dapat merugikan orang lain dan diri sendiri, serta bisa menjadi pidana, karena itu sudah melanggar hukum yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

 

“Pemerintah sangat tegas dalam, kebakaran, titik api dapat langsung terpantau dengan aplikasi jadi jangan coba-coba melakukan Pembakaran lahan-lahan pertanian atau lahan garapan baru,” imbuhnya.

Ia juga berpesan, kepada masyarakat agar lebih peduli dan dapat memberikan informasi apabila terdapat titik api, cepat menghubungi aparat desa ataupun TNI-POLRI melalaui Babinsa dan Babinkamtibmas, sehingga dapat mencegah dini kebakaran tidak meluas ke tempat lain.

 

“Ya dengan ada laporan dari warga jadi kita dapat terjun ke daerah terdapat titik hotspot ataupun titik api, sehingga pencegahan meluas ke tempat lainnya, dapat kita antisipasi penyebaran api,” pungkasnya.