Home Riau INHIL Serda Rudi Hartono Babinsa Sakarotan Giat Patroli Bersama Warga Rangka Mencegah Karhutla 

Serda Rudi Hartono Babinsa Sakarotan Giat Patroli Bersama Warga Rangka Mencegah Karhutla 

0
Serda Rudi Hartono Babinsa Sakarotan Giat Patroli Bersama Warga Rangka Mencegah Karhutla 

Teluk Belengkong – Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa binaan Babinsa Koramil 06 Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Rudi Hartono melaksanakan patroli di desa Sakarotan Kecamatan Teluk Belengkong kabupaten Indragiri Hilir, pada Ahad (11/12/2022) pagi.

 

Dikatakan Serda Rudi Hartono patroli kebakaran hutan dan lahan tersebut untuk antisipasi terjadi kebakaran lahan yang disengaja oleh masyarakat dalam membuka lahan-lahan pertanian yang sering terjadi apabila di musim kemarau.

 

“Sekarang memasuki musim kemarau sering terjadi kebakaran apalagi di sini tanah gambut sangat rawan terjadinya kebakaran, dan bisa sangat berdampak sangat luas karena tanah gambut sangat rentan terhadap api bisa kemana-mana,” ujar Serda Rudi Hartono ke pada awak media.

 

Selain itu juga dikatakan Babinsa Koramil 06/Kateman Serda Hartono, patroli Karhutla juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang sedang membuka lahan-lahan pertanian, akan bahaya membuka lahan dengan cara dibakar.

 

“Ya kalau ketemu oknum yang yang membakar lahan dengan cara sengaja bisa di pidanakan, karena pemerintah sudah memberikan himbauan melalui kepolisian menindak tegas kepada oknum yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar,” ujarnya.

 

Ia juga berharap kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati memasuki musim kemarau jagan membakar, bisa sangat fatal akibatnya.

 

“Ya kan sering tu kita ketemu di samping kebun warga-warga, pemilik kebun membakar pelepah kelapa dan rumput-rumput dan dibiarkan pulang ke rumah, dan api tidak dikontrol lagi, itu yang juga kita perhatikan bersama-sama, agar jagan terjadi seperti itu, boleh membersihkan kebun tapi Jagan dibakar langsung diberikan pulang tidak dikontrol lagi,” pungkasnya.

 

Terakhir dia mengatakan dalam patroli Karhutla tersebut tidak ada ditemukan titik api dan asap. Dan dalam keadaan aman dan terkendali.

 

“Alhamdulillah dari kita pantau tempat-tempat yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan tidak ada ditemukan titik api dan asap, saya sebagai Babinsa akan terus memberikan laporan kepada atasan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehingga dapat terealisasi dengan baik desa binaan,” tutupnya.