Tradisi Menjelang Ramadhan

Jpeg
Mandi di Pantai Lubuk

 

 

+

+

Kundur News

Warga Kampar, Riau, melakukan tradisi menjelang Ramadhan, Balimau Kasai, di Pantai Lubuk Desa Lubuk Kecamatan Kundur, Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (17/6).

Warga Kampar dari penjuru pulau Kundur mandi bersama di tepi pantai yang menjadi salah satu pantai kebangga di pulau Kundur itu menggunakan berbagai ramuan tradisional.

“Mandi bersama menggunakan kencur, kunyit, jeruk dan bunga-bungaan untuk membersihkan diri menyambut Ramadhan,” kata Ketua Ikatan Keluarga Kampar Kepulauan Kundur Faizal.

Ia mengatakan Balimau Kasai merupakan tradisi turun menurun warga Riau daratan yang coba dilestarikan generasi muda di negeri rantau. Mandi Balimau Kasai, kata dia, memiliki filosofi menghilangkan seluruh kotoran lahir dan batin menjelang Ramadhan.
“Agar masuk Ramadhan bersih lahir maupun batin,” ungakap Faizal.

Selain itu, Balimau Kasai juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi warga Riau daratan yang hidup merantau di Pulau Kundur. Di akhir acara, setelah seluruh warga terjun ke tepi pantai untuk mandi, peserta saling maaf memaafkan.

“Ini menjadi ajang silaturahmi, karena tidak mungkin dari rumah ke rumah satu per satu untuk saling bermaafan, cukup bertemu di Balimau Kasai,” ujar Faizal yang tak lain salah seorang anggota Polsek Kundur berpangkat Aiptu.

Acara tersebut dilanjutkan makan bersama dengan seluruh warga Kamar Riau. Sehingga, jalinan silaturahmi bisa terbuhul lebih kuat di momentum ini. Sekaligus dalam rangka memasuki Bulan Suci Ramadhan, mereka bisa saling memaafkan.

“Saya menangkap momentum ini sangatlah luar biasa. Di samping tradisi, Balimau menyimpan spirit sebagai media membuhul silaturahmi dan saling memaafkan,” tutur Faizal.

+

+

z

+