KARIMUN – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim meninjau pelaksanaan penerimaan siswa baru di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pulau Karimun, Rabu (4/7).

Tinjauan tersebut diawali pada SMPN 2 Meral Barat, SMPN 3 Tebing, SMPN 1 Tebing, dan SMPN 1 Karimun.

Dari empat selolah yang ditinjau, ada beberapa sekolah yang memang jumlah pendaftar melebihi kouta yang disiapkan oleh sekolah. Seperti SMPN 3 Tebing, jumlah pendaftar sebanyak 156 sedangkang kouta yang diterima hanya 128 murid, SMPN 1 Tebing jumalah prndaftar 228 orang dan kuota yang diterima 192 orang, SMPN 1 Karimun jumlah pendaftar 298 orang sementara kuota yang diterima 210 orang. Berbeda di SMPN 2 Meral Barat, jumlah pendaftar baru 83 orang sedangkan jumlah kuota yang diterima 96 orang.

Adapun hasil monitoring yang dilaksanakan, Anwar Hasyim menilai masih banyak lagi anak-anak Kabupaten Karimun yang ingin mendaftar untuk bersekolah ditingkat SMPN. Dan kemungkinan besar berada di beberapa sekolah tingkat SMP Negeri di Karimun yang telah kelebihan kouta.

“Maka dari itu saya berharap kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun untuk menindaklanjuti secara cepat dan tepat, guna mengatasi permasalahan tersebut. Tentunya harus duduk bersama kepala sekolah dalam mengantisipasi masalah ini,” pesan Anwar.

Anwar menagaskan, bahwa dia tidak mau kalau ada anak-anak Kabupaten Karimun yang tidak bisa bersekolah. Sehingga dia berharap agar para kepala sekolah dapat menampung anak-anak terutama yang berdomisili tak jauh dari sekolah.

“Saya tidak mau ada wali murid yang dirugikan,” pintanya.(*)