Tanah Merah — Dalam rangka pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), jajaran Kodim 0314/Inhil melalui Babinsa Koramil 02/Tanah Merah (TM) melaksanakan monitoring di daerah rawan karhutla khususnya di Desa Selat Nama, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir Inhil, Senin (13/3/2023) pagi.

 

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh babinsa, guna mencegah terjadinya karhutla di Wilayah Koramil 02/TM.

 

Kegiatan ini dipimpin oleh Serda M Ade P dengan melibatkan masyarakat setempat dengan rote pelaksanaan patroli titik Kordinat: -0°34’31,836″S,103°20’7,,122″E 64,10m.

 

Serda M Ade P menghimbau kepada masyarakat untuk sama sama melakukan pengawasan terhadap kebakaran pengawasan lebih di lahan gambut kering agar terhindar dari karhutla.

 

Lanjutnya lagi, Wilayah yang masih banyak lahan kosong dengan tumbuhan dinilai sangat rentan akan terjadinya Karhutla.

 

“Terganggunya kesehatan, Kebakaran hutan berakibat pada pencemaran udara dan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat,” kata Serda M Ade P.

 

Terkahir Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar dan juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan pada musim kemarau dan di lahan rumput yang kering.