Home Riau INHIL Babinsa Bersama MPA Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Desa Simbar 

Babinsa Bersama MPA Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Desa Simbar 

0
Babinsa Bersama MPA Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Desa Simbar 

Kateman — Upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kateman terus dilakukan oleh para Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil melalui komunikasi sosial (Komsos) dengan meningkatkan kegiatan patroli bersama masyarakat peduli api (MPA). Bertempat di desa Simbar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (9/3/2023) pagi.

 

 

Seperti yang dilaksanakan oleh para Babinsa Koramil 06/kateman yang dipimpin Serda Edili Zalukhu melaksanakan Komsos dan memberikan edukasi Kepada Masyarakat tentang bahaya Karhutla melalui patroli menyelusuri perkebunan masyarakat dan lahan – lahan gambut yang dianggap rawan terjadinya kebakaran.

 

 

Serda Edili mengatakan, selain melaksanakan patroli di wilayah yang dianggap rawan terjadinya kebakaran, para Babinsa Koramil 06/Kateman juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat untuk stop membakar hutan.

 

Serda Edili Zalukhu juga mengajak warga untuk ikut berperan aktif dan turut serta dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran.

 

“Dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini, peran serta masyarakat sangat diperlukan dengan cara tidak membakar hutan saat akan membuka lahan perkebunan baru,” ujarnya.

 

Sementara itu, ditempat yang terpisah Komandan Kodim 0314/Inhil Letnan Kolonel Arh M Nahruddin Roshid S.E.,M.Tr(Han)

telah memberikan instruksi kepada para Babinsa di Koramil dan jajarannya agar memaksimalkan patroli di wilayahnya guna mencegah dini terjadi Karhutla tersebut.

 

 

“Kita juga mensosialisasikan kepada masyarakat yang mana jika dengan sengaja membakar hutan akan dikenakan undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, dimana didalamnya terdapat pasal 78 ayat 3 dan pasal 78 ayat 4, oleh karena itu, mencegah hal ini terjadi, maka kita himbau masyarakat untuk tidak sama sekali membakar hutan dan lahan,” tutur Dandim Letkol Arh M Nahruddin Roshid.S.E.,M.Tr(Han).