Teluk Belengkong — Antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan, babinsa desa Hibrida Jaya, Praka Fiki Putra melaksanakan kegiatan patroli menyasar perkebunan masyarakat wilayah teritorial Koramil 06/KTM kodim 0314/Inhil.

 

Praka Fiki Putra mengatakan kepada awak media pada hari melaksanakan patroli dan sosialisasi Karlahut bersama dengan 2 orang desa binaan yaitu desa Hibrida Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (28/2/2023) pagi.

 

“Iya untuk itu kita melaksanakan patroli dan sosialisasi Karlahut di daerah rawan terjadinya kebakaran, karena di daerah sini apabila masuk musim kemarau ada ditemukan titik hotspot, untuk itu kita bersama warga, melakukan himbauan kepada masyarakat yang memiliki kebun agar tidak melakukan membakar lahan dengan cara dibakar,” kata Praka Fiki Putra.

 

Kendati demikian, Ia berharap kepada masyarakat yang akan membuka lahan agar tidak membakar karena bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan udara.

 

“Selain merusak lingkungan udara, bisa juga menjadi tindak pidana, karena itu sudah dilarang oleh pemerintah, jadi yang rugi diri sendiri, sudah merusak lingkungan udara bisa juga dipenjara, itu yang kita tidak harapan maka dari itu kita melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi Karlahut kepada masyarakat,” jelasnya.

 

Sebagai anggota Koramil 06/Kateman Praka Fiki, akan terus berusaha melakukan kegiatan patroli Karhutla, sehingga dapat mencegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

 

Terakhir dikatakan Praka Fiki Putra dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut diwilayah binaannya tidak ada terjadi kebakaran hutan dan lahan.

 

“Dari kita laksanakan patroli dan sosialisasi Karlahut di daerah rawan sering terjadinya kebakaran lahan masyarakat tidak ada ditemukan titik hotspot hasilnya nihil,” tutup Praka Fiki Putra.