Bupati Karimun Kukuhkan Pengurus FKUB

Pengukuhan FKUB Kabupaten Karimun periode 2022-2027 oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Rabu (15/2) di Kantor Bupati

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengukuhkan pengurus Forkum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun, periode 2022-2027, di Gedung Serbaguna Kantor Bupati, Rabu (15/2).

Dalam pengukuhan itu, secara resmi M Rasyid Nur sah menjabat sebagai ketua, menggantikan ketua periode sebelumnya, Jamzuri.

Aunur Rafiq mengingatkan kepada para pengurus FKUB yang baru saja dikukuhkan, agar dapat menjadikan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, harus dijadikan perhatian yang cukup serius. Karena benturan dan gesekan antar umat beragama biasanya sering terjadi karena perbedaan pendapat, mengenai pendirian rumah ibadah oleh umat bergama non muslim.

“Jika benar-benar dicermati Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, yang didalamnya juga mencakup Kementerian Agama, sudah bisa menjadi tolak ukur dan pijakan, sehingga dipastikan tidak akan ada gesekan, bentudan dan kesalahan penafsiran,” sebut Aunur Rafiq.

Untuk itu, Aunur Rafiq berpesan kepada ketua dan pengurus FKUB Kabupaten Karmun, agar dapat melakukan rapat kerja dan sosialisasi kepada tokoh lintas agama, tentang aturan-aturan SKB tiga menteri.

Aunur Rafiq meyakini, jika aturan itu dijalankan maka kehidupan kita berdampingan dalam
kekeluargaan, saling hormat menghormati dan toleransi, sehingga pasti situasi akan terjaga
dengan baik.

Dia meminta, para pengurus FKUB Kabupaten Karimun bisa bekerja dengan baik, dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama demi membangun Kabupaten Karimun secara bersama-sama.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Karimun, saya ucapkan selamat dan tahniah kepada Bapak M Rasyid Nur beserta seluruh anggota, yang baru saja di kukuhkan. Sebagai ketua tentu ini bukan orang baru di FKUB, begitupun dengan teman pengurus lainnya lintas agama. Saya yakin dan percaya insyaallah keurkunan umat bergaama di Kabupaten Karimun dapat berjalan dengan baik, sejalan dengan pembangunan Kabupaten Karimun yang sudah berusia 23 tahun,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang hadir pada pengukuhan FKUB Kabupaten Karimun itu mengatakan, keberadaan FKUB dinilai sangat strategis, untuk membantu pemerintah dalam menjaga dan merawat semua perbedaan, agar kita mampu menjaga kesatuan dan persatuan.

“Selamat buat pengurus FKUB yang baru di kukuhkan. Semoga Allah SWT memudahkan semua urusan kita, dalam menjaga kerukuanan ini agar tetap lebih baik lagi, sehingga kita lebih maju dan berkembang kedepan,” pesannya.(*)

Previous articleJaga Wilayah Binaan, Babinsa Desa Hibrida Mulya Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 
Next articleBersama Unsur Muspika Kateman, Danramil 06/KTM Kapten Czi Asmara Hadi Ikuti Apel 17-an