UNGAR – Bupati Karimun Aunur Rafiq menutup MTQ Kabupaten Karimun ke X di Kecamatan Ungar, Minggu malam (8/4). Keluar sebagai juara umum adalah Kecamatan Meral Barat.

Dalam kesempatan itu Rafiq mengatakan, pemerintah Kabupaten Karimun melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karimun mulai melakukan seleksi dan pembinaan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapio Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepri ke VII.

“Kita sama-sama berharap agar Kabupaten Karimun menjadi juara terbaik pada ajang MTQ Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga, yang rencananya digelar awal Mei mendatang,” ucap Rafiq.

Rafiq mengatakan, para juara 1, dan 3 akan digodok lagi untuk dilakukan pembinaan. Setelahnya bakal ditentukan oleh LPTQ dan ketua Kafilah untuk menunjuk siapa saja diutus mewakili Kabupaten Karimun.

Untuk lebih mematangkan persiapan, Rafiq akan mengundang pelatih nasional ke Kabupaten Karimun guna meningkatkan kualitas para qori dan qoriah. Cabang yang perlu dilatih oleh pelatih nasional seperti khat atau kaligrafi, cabang fahmil dan syarhil. Serta beberapa cabang lainnya yang perlu persiapkan lebih baik.

Sementara cabang yang menjadi unggulan Kabupaten Karimun dalam ajang MTQ Provinsi Kepri nantinya adalah tilawah, tahfiz, syarhil, khat, tafsir bahasa dan tafsir bahasa inggris, termasuk tilawah cacat tuna netra.

Adapun penyelenggara MTQ Kabupaten Karimun ke XI ditahun 2019 mendatang adalah dari Kecamatan Karimun. Keputusan itu berdasarkan hasil rekomendasi dari rapat LPTQ Kabupaten Karimun yang dilaksanakan Minggu (8/4) di ruang pertemuan Hotel Gembira dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim selaku Ketua LPTQ Kabupaten Karimun.(*)