Home Riau INHIL Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 02/TM Serma Boy Giat Rutin Patroli dan Sosialisasi di Parit Mesjid 

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 02/TM Serma Boy Giat Rutin Patroli dan Sosialisasi di Parit Mesjid 

0
Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 02/TM Serma Boy Giat Rutin Patroli dan Sosialisasi di Parit Mesjid 

Enok — Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil, Serma Boy R Sitompul melaksanakan kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah parit Mesjid, desa Simpang Tiga Daratan, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, pada Rabu (18/01/2023) pagi.

 

Patroli ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah yang bertujuan untuk mencegah terjadinya Karhutla di daerah tersebut.

 

Danramil 02/Tanah Merah Letda Inf Agusturahim menyampaikan “guna mewaspadai terjadinya musim kemarau tahun 2023 yang berpotensi terjadinya Karhutla, “Hari ini kita bekerjasama dengan masyarakat terkait kembali melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah desa binaan babinsa Koramil 02/TM.,” Tandasnya.

 

Jalur patroli ini sendiri meliputi perkebunan warga setempat dan hutan-hutan yang dianggap rawan terjadi Karhutla. Selama pelaksanaan patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga.

 

Serma Boy R Sitompul mengajak warga Parit Mesjid agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah tidak membuka lahan dengan cara membakar.

 

Dari hasil patroli Karhutla yang dilakukan hingga saat ini belum ditemukan adanya titik api di areal wilayah binaan maupun areal milik perorangan, namun demikian patroli rutin tetap dilaksanakan.

 

“Dalam setiap pelaksanaan patroli kita turut mengajak warga secara persuasif agar ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah memastikan warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” pungkasnya.