hebat-komputer-ini-bisa-dipakai-hanya-dengan-kedipan-mata

Sebagai perusahaan teknologi raksasa dunia Samsung tentu mempunyai banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun di sela waktu senggang yang minim, insinyur-insinyur Samsung masih bisa membuat sebuah komputer canggih.

Dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Hyung-Jin Shin, insinyur Samsung telah membuat sebuah komputer yang bisa dioperasikan hanya dengan kedipan mata saja. Komputer unik bernama EyeCan+ tersebut ternyata sengaja dibuat untuk orang-orang berkebutuhan khusus yang mengalami kelumpuhan total.

EyeCan+ mempunyai sebuah bagian kotak mirip DVD player kecil yang dilengkapi dengan sebuah alat eye-tracking atau pendeteksi mata canggih. Nantinya, eye-tracking itu berfungsi menggantikan mouse dan keyboard seperti yang ada di komputer konvensional.

Saat ini, insinyur Samsung sudah berhasil memanfaatkan komputer portabel itu untuk menulis dokumen atau browsing di internet hanya dengan mengedipkan mata dan menggerakkan mata saja. Selain itu, terdapat 18 perintah berbeda yang bisa diakses di keyboard virtual yang ada pada layar monitor EyeCan+.

Akan tetapi ada satu syarat yang harus dipenuhi sata menggunakan EyeCan+. Mata dari pengguna EyeCan+ harus berada pada jarak maksimal 70 sentimeter dari monitor atau alat eye-tracking. Alhasil, bagi pengguna yang mengalami kelumpuhan bisa mengoperasikannya dengan duduk atau berbaring di dekat EyeCan+.

Pengguna kelak juga tidak perlu menggunakan kacamata atau alat bantu lainnya untuk menggunakan EyeCan+. Komputer itu pun hanya membutuhkan satu kali kalibrasi atau pengaturan bagi tiap pengguna. Jadi, mereka tidak perlu meminta bantuan setiap kali ingin mengakses EyeCan+.

Samsung sendiri rencananya akan memberikan desain EyeCan+ secara gratis pada pengembang yang menginginkannya, Daily Mail (26/11). Dengan begitu, mereka berharap jika akan da banyak orang yang mengembangkan komputer itu dengan harga yang murah agar semakin banyak fans teknologi berkebutuhan khusus yang akan terbantu.