Komputer pertama ternyata dibuat 2264 tahun silam

komputer-pertama-ternyata-dibuat-2264-tahun-silam

Sebuah kalender mekanik kuno yang diklaim sebagai komputer pertama di dunia, Antikythera Mechanism, ternyata mempunyai umur jauh lebih tua dibanding penemuan peneliti sebelumnya.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan Argentina, sistem prediksi kalender gerhana yang terdapat di Antikythera ternyata merekam gerhana yang terjadi pada tanggal 12 Mei tahun 205 BC atau 2264 tahun lalu, Daily Mail (28/11). Padahal menurut sistem penanggalan karbon yang pernah dilakukan sebelumnya, umur dari Antikythera adalah 2164 tahun.

Peneliti yang berasal dari Universitas Quilmes juga menjelaskan bila kalender mekanik itu menggunakan sistem perhitungan aritmatika bangsa Babilonia, bukannya sistem trigonometri milik bangsa Yunani yang dinyatakan sebelumnya. Sehingga dipastikan bila umurnya jauh lebih tua dari teknologi bangsa Yunani.

Dugaan awal yang salah itu muncul karena Antikythera sendiri ditemukan di sebuah reruntuhan kapal kargo Romawi di sekitar daerah Yunani. Apalagi, pada tahun 2008 kalender itu diklaim pernah dipakai untuk merekam kejadian-kejadian penting seperti Olimpiade kuno Yunani.

Kalender Antikythera dianggap sebagai komputer tertua di dunia karena mempunyai sistem pengoperasian otomatis berbasis matematika seperti sebuah komputer. Hal itu terlihat dari bagian dalam Antikythera yang tersusun atas 40 gir dan roda yang dapat menghitung pergerakan dari matahari untuk penanggalan.

Di bagian depan dari kalender mekanik itu terdapat tampilan yang menunjukkan 12 zodiak Yunani dan kalender Mesir. Sementara di bagian belakang ada dua lempeng lain yang memperlihatkan informasi pergerakan bulan dan gerhana.

Hebatnya, Antikythera dapat digunakan untuk melacak pergerakan planet-planet lain di tata surya kita, misalnya Mekurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.(merdeka.com)http://www.merdeka.com/teknologi/komputer-pertama-ternyata-dibuat-2264-tahun-silam.html