Jokowi ke DPR: Komjen BG tak dilantik karena timbulkan perdebatan

jokowi-ke-dpr-komjen-bg-tak-dilantik-karena-timbulkan-perdebatan

 

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat konsultasi dengan pimpinan DPR. Dalam pertemuan itu, Jokowi menjelaskan alasan soal batal dilantiknya Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri.

“Sehubungan dengan Kapolri, tadi saya sampaikan surat kami, pada Ketua DPR RI terkait Kapolri. Saya jelaskan tadi mengenai alasan tidak dilantiknya Komjen BG sebagai Kapolri mengingat pencalonan Komjen BG sebagai Kapolri menimbulkan perdebatan,” ujar Jokowi usai bertemu pimpinan DPR di kompleks parlemen, Senin (6/4).

“Dalam rangka menciptakan ketenangan dan kebutuhan Polri kami mengajukan Kapolri baru,” imbuhnya.

Jokowi menambahkan, terkait dengan penjelasan di atas, pihaknya sudah memberikan alasan secara sosiologis dan yuridis.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo membatalkan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Jokowi memutuskan menyodorkan nama baru yakni Komjen Badrodin Haiti ke DPR sebagai calon Kapolri pengganti Komjen Budi Gunawan.

“Yang pertama mengingat bahwa pencalonan Komjen Pol Drs Budi Gunawan SH sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat, maka untuk menciptakan ketenangan dan memperhatikan kebutuhan Kepolisian Republik Indonesia untuk segera dipimpin Kapolri yang definitif maka kami hari ini mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti ke DPR sebagai Kapolri,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/2).

 

 

http://www.merdeka.com/politik/jokowi-ke-dpr-komjen-bg-tak-dilantik-karena-timbulkan-perdebatan.html