Inhil – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Melakukan Silaturahmi dan kunjungan di SDN 001 dan SDN 003 di Kota Tembilahan.

“Alhamdulillah hari ini kami DPAD Inhil kembali melaksanakan silaturahmi dan pembinaan kepada sekolah SD Negeri 001 dan SD Negeri 003 Tembilahan Kota,” sebut Kepala Dinas BPAD Inhil H Yulizal Saat di temui disela acara, Selasa (2/2/21).

Kadis DPAD juga mengatakan, dalam kunjungan tersebut selain pembinaan perpustakaan, untuk arsip kedepan nya harus dilaksanakan. Pembukaan mengenai Arsip.

Lebih lanjut Yulizal memaparkan bahwa dasarnya sekolah harus mempunyai perpustakaan, agar anak didik bisa menambah wawasan, selain diajarkan oleh guru di dalam lokal tentang ilmu, dan buku permukaan pandangan ilmu yang luas.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) ini katakan, tadi cek langsung perpustakaan yang ada di SD 001 dan ruangan nya minim, jadi berharap perpustakaan jangan digabungkan dengan yang lain.

“Kalau bisa ruangan perpustakaan, ya perpustakaan dan jangan di campur aduk, bagaimana anak-anak mau membaca dengan konsentrasi,” jelas Yulizal.

Dikatakan Yulizal, untuk kedepannya berharap perpustakaan yang ada di SDN yang dibina kedepannya sudah mempunyai nama, sehingga ada ciri khasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Taslim S.Pd. M.Pd. mengungkapkan terimakasih atas, kunjungan DPAD Inhil ke sekolah.

Taslim menyebutkan, ini merupakan agenda DPAD yang luar biasa, untuk memberikan pembinaan perpustakaan dan kearsipan.

“Tadi pak kadis lihat langsung ke perpustakaan kami, ya kami pengen membangun ruang, lihat lah sendiri SD 001 ini, tidak ada lagi tanah untuk di bangun, jadi terpaksa di tempatkan di depan dan di gabung dengan yang lain,” jelasnya.

Kemudian Taslim juga menuturkan, semoga dengan pembinan dari DPAD Inhil ini , membuat wawasan bertambah dan kepadanya SDN 001 bisa seperti sekolah yang lainnya, mempunyai perpustakaan yang bagus.

Di tempat yang berbeda, Kepala Sekolah SDN 003 Suriamah mengutarakan, kunjungan DPAD ini sangat mendadak, tapi sangat senang bisa berbincang langsung dengan, kadis DPAD Inhil.

Sebagai Kepala Sekolah SDN 003 sangat berterimakasih atas kunjungan dan pembinaan perpustakaan dan arsip ke sini.

“Iya dengan ini kami kedepan nya tau apa saja yang harus di benahi mengenai perpustakaan dan arsip,” ujarnya suriamah.

Suriamah dengan pembinaan perpustakaan semoga kedepannya SDN 003 ini, bisa mengikuti perlombaan tingkat kabupaten dan tingkat provinsi.

“Tapi kami harus jeli untuk meraih itu kami harus perlu banyak pembenahan, mengingat kondisi SDN 003 seperti ini untuk membangun tidak ada lahan lagi, jadi kami memakai ruangan tata usaha, ya mau gimana lagi itu yang bisa kami lakukan,” tutupnya.