KM Mutiara Indah III mengangkut ballpres asal dari Malaysia diamakan Kanwil DJBC Khusus Kepri, Senin kemarin (17/12)
KM Mutiara Indah III mengangkut ballpres asal dari Malaysia diamakan Kanwil DJBC Khusus Kepri, Senin kemarin (17/12)

KARIMUN – Kapal pembawa ballpres bernama KM Mutiara Indah III ditangkap tim patroli Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri, Senin dini hari (17/12) pukul 01.30 WIB, di periaran Pulau Buaya-Batam.

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto mengatakan, kapal berkapasitas 34 Grestone (GT) itu mengangkut ballpres dari Malaysia, yang rencananya akan dibawa menuju Pulau Kijang, Indragiri Hilir-Riau.

“Saat melintas di Perairan Pulau Buaya, tim patroli gabungan dari Kanwil DJBC Khusus Kepri dan KPU BC Tipe B Batam langsung menahan kapal tersebut dan memeriksa kelengkapan, ternyata tidak mengantongi dokumen yang seharusnya,” kata Agus, Kamis (20/12).

Kemudian kapal dan muatan bersama sembilan awak kapal tersebut digiring menuju Kanwil DJBC Khusus Kepri, untuk diproses lebih lanjut.

Tim sempat membuka isi ballpres dan ternyata ditemukan baju, celana, sepatu bekas dan banyak lagi. Hanya saja, pihaknya mengaku belum dapat menyebutkan berapa jumlah total ballpres yang dimuat, karena saat ini masih dalam proses penyelidikan.(*)