Sehari Literasi Bersama GGD Karimun

Karimun – Guru Garis Depan Kabupaten Karimun menyelenggarkaan kegiatan sehari literasi dalam rangka mengisi class meeting pada Kamis, 13 Desember 2018 yang lalu bertempat di SD Negeri 007 Kundur Utara di daerah Sanglang. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial pendidikan untuk mengkampanyekan gerakan literasi di sekolah.

Bentuk kegiatan yang dilakukan terbagi dari kegiatan kelas tinggi dan kelas rendah. Untuk kelas tinggi yang terdiri dari kelas 4,5 dan 6, para siswa diberikan motivasi bangga menjadi anak Indonesia yang dirangkum dalam kegiatan Wonderfull Indonesia. Mereka diajak mengenal Indonesia dengan menyenangkan. Selain itu, untuk mengasah pengetahuan akademiknya dilakukan kegiatan rangking satu. Untuk kelas rendah yang terdiri dari kelas 1,2 dan 3, para siswa diberikan kesempatan kompetisi menggambar menggunakan bahan alam dan alat indra.

BACA :  Siswa siswi TKIT Insan Mulia Karimun Kunjungi Kantor Basarnas

Kegiatan lain yang juga tak ketinggalan adalah membaca buku bersama. Buku-buku ini dibawa oleh guru garis depan. Siswa kelas rendah dibacakan buku oleh para guru (read aloud), sementara siswa kelas tinggi diminta membaca sendiri dan kemudian menceritakan kembali bahan bacaan yang telah dibacanya di depan kelas dengan bimbingan guru. Yang juga tak kalah seru, kegiatan sehari literasi ini diiringi berbagai macam fun games edukatif berhadiah.

“Saya sangat terkesan dengan kegiatan sehari literasi ini meski waktunya singkat. Sebuah penghargaan dipilihnya SDN 007 Kundur Utara sebagai tempat pelaksanaan sehari literasi periode ini. Terus semangat dan berkreatifitas dalam berkarya kepada para guru garis depan. Mudah-mudahan kita sebagai pendidik semakin solid untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.” Ujar Pak Pono, dalam sambutan penutupan kegiatan mewakili kepala sekolah SDN 007 Kundur Utara.