Upacara Hari Bela Negara ke-70 di lapangan Sekretariat Pemkab Anambas, Pasir Peti, Kecamatan Siantan, Rabu (19/12/2018).
Upacara Hari Bela Negara ke-70 di lapangan Sekretariat Pemkab Anambas, Pasir Peti, Kecamatan Siantan, Rabu (19/12/2018).

Anambas – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyerukan kepada seluruh warga megara khususnya warga di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, wajib untuk membela bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seruan Bupati KKA, sesuai konsep pidato Presiden RI, saat memimpin upacara Hari Bela Negara ke-70 di lapangan Sekretariat Pemkab Anambas, Pasir Peti, Kecamatan Siantan, Rabu (19/12/2018).

“Landasan Pancasila, dengan keragaman menjadi sumber kekuatan utama, bukan perpecahan. Sedangkan perbedaan dengan Bineka Tunggal Ika, berbeda namun tetap satu, Indonesia,” kata Abdul haris.

“Kita harus menjaga Pancasila, menjaga NKRI dan memastikan nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya lagi.

Haris menambahkan, setiap warga tidak boleh lengah dan jangan memberi ruang kepada ideologi-ideologi lain yang ingin mengganti Pancasila, menggeser Pancasila, mengoyak Merah Putih dan mengkhianati cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA :  Bupati KKA, Abdul Haris Terus Himbau Masyarakat Untuk Perangi Narkoba

“Perlu saya ingatkan, bahwa tugas dalam membela negara tidak mudah di zaman sekarang ini. Tidak cukup membela negara hanya dengan berorasi atau mengumpulkan massa. Membela negara harus dilakukan dalam berbagai bentuk kerja nyata melalui berbagai bidang dan profesi,” tambahnya.

Dalam upacara yang terdiri dari peserta TNI/Polri, PTT, ASN, Satpol PP, Dishub dan Tagana tersebut, Haris juga menyinggung bahwa tujuan bela negara yakni mengingatkan semua rakyat betapa pentingnya membela negara.

“Banyak yang berkoar-koar dan menyuarakan bela negara, namun perilakunya tidak sesuai dengan yang dikatakannya. Semoga pada peringatan Hari Bela Negara ini semangat kita akan bertambah demi keutuhan dan keamanan bangsa Indonesia. Saya juga berpesan agar kita semuanya menjadi sumber energy dalam hijrah bangsa Indonesia,” tegasnya.

BACA :  Pelantikan 37 Pejabat Kabupaten Anambas, Bupati Haris Sorot Air Bersih

“Kita harus hijrah dari ketimpangan menuju keadilan sosial, hijrah dari ketertinggalan menuju kemajuan, hijrah dari individualisme menuju gotongroyong, hijrah dari sikap konsumtif menuju produktif dan menjadi sumber inspirasi bagi Rakyat Indonesia,” kata Haris.

Diakhir upacara juga dilakukan penyerahan penghargaan, diantaranya;

Penganugrahan peningkatan informasi publik tingkat organisasi Pemda KKA diberikan untuk :
a. Peringkat I : Badan keuangan Daerah KKA
b. Peringkat II : Bakesbangpol KKA
c. Peringkat III : Dinas pariwisata dan kebudayaan KKA

Penghargaan atas pengabdian dan Keikut sertaan dalam membangun KKA selaku Kades periode 2012 – 2018, diberikan untuk :
a. Abdullah warga desa Tarempa Timur
b. Masyitah warga desa pesisir timur
c. Hasmadi warga desa temburun
d. Ismar Warda desa serat
e. Adnan warga desa Matak
f. Sarman warga desa payamaran

BACA :  Tabur Bunga di Pelabuhan Pelni Bukit Raya Tarempa, Dalam Pringatan Hari Pahlawan

Penghargaan dukungan dan partisipasi dalam pelaksanaan pemilihan Kades serentak gelombang II Tahun 2018 yang telah berjalan lancar, aman dan lancar, diberikan untuk :
a. Letkol Laut (P) Nur Rochmad I, S.T, M.Si, M.Tr.Hanla (Danlanal Tarempa)
b. AKBP Junoto, S.IK (Kapolres KKA)
c. Mayor Kav Harioko (Pabung Kodim 0318/Ntn)
d. Muhammad Bayanullah, SH (Kepala Kacabjari Tarempa)