Foto bersama dengan puluhan wartawan dalam syukuran HPN ke 77 di Mapolres Karimun, Jumat (10/2)

KARIMUN – Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam mengumpulkan puluhan wartawan dari berbagai jenis media, di ruang rapat utama Mapolres Karimun, untuk menggelar syukuran Hari Pers Nasional (HPN) ke 77 2023, Jumat pagi (10/2).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam mengatakan, rekan-rekan pers adalah sebagai mitra Polri. Sinergitas yang sudah terjaga selama ini perlu dipertahankan dan tetap dijaga. Dengan adanya sinergitas tersebut maka akan tercipta hubungan yang harmonis.

“Sebagai mitra kerja yang harus saling mengingatkan, dan sebelumnya saya berharap akan di undang oleh rekan-rekan wartawan, dalam merayakan HPN, namun secara umum wartawan yang ada di Karimun tidak mengadakan, maka saya mengajak semua wartawan ke Polres Karimun untuk sama-sama merayakan HPN ke 77 dengan syukuran bersama,” ujar Ryky Widya Muharam.

Menurutnya, perlu kita pahami pada tema HPN ke 77 Tahun 2023 adalah “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat, maka kebebasan pers merupakan bagian dari kebebasan berpendapat, yang dijamin oleh undang-undang pada pasal 2 undang-undang nomor 40 tahun 1999, tentang Pers, yang menyebutkan bahwa, kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat, yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

Oleh karena itu kata Ryky Widya Muharam, tanpa adanya ruang kebebasan yang memadai, pers tidak akan pernah leluasa bergerak dalam menjalankan fungsinya. Terutama fungsi pers dalam konteks pengawasan dan kontrol sosial.

“Saya sangat berharap Polres Karimun dan Pers satu persepsi, dalam menciptakan iklim kenyamanan dan keamanan di masyarakat. Konsep ini perlu kita jaga dan dipelihara. Saya tahu dan mengakui, selama ini pers sangat memberikan kontribusi yang cukup positif, dalam menjaga iklim keamanan yang kondusif, meskipun saya baru menjabat di Polres Karimun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karimun, Riyadi, yang mewakili insan media dalam sambutanya, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Mugharam, beserta para jajarannya yang mengadakan acara syukuran HPN tahun 2023.

“Syukuran yang dilaksanakan Polres Karimun adalah bukti, bahwa telah terbangun sinergitas yang baik antara Polisi dan wartawan, dalam hal pemberitaan dan menjaga kondusifitas, semoga Polres Karimun sukses selalu dalam melaksanakan tugas,” ujar Riyadi.

Dalam acara tersebut, Kapolres Karimun melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada wartawan paling senior Yuliana dan yang termuda Yeni Hartati. Acara kemudian dilanjutkan dengan undian doorprize dan makan bersama.(*)